Tentang Perusahaan

Gambaran Umum Perusahaan

 

Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI) yang dikenal dengan nama AirNav Indonesia mulai berdiri sejak 2012. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 77 tanggal 13 September 2012 (PP No. 77/2012), Perum LPPNPI adalah suatu badan usaha yang menyelenggarakan pelayanan navigasi penerbangan di Indonesia, berbentuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang keseluruhan modalnya dimiliki negara dan tidak terbagi atas saham sesuai dengan Undang-Undang Nomor 19 tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara (UU No. 19/2003).

Maksud dan tujuan didirikannya Perum LPPNPI adalah untuk melaksanakan penyediaan jasa pelayanan navigasi penerbangan sesuai dengan standar yang berlaku untuk mencapai efisiensi dan efektifitas penerbangan dalam lingkup nasional dan internasional. 

Undang-Undang No. 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan menegaskan perlunya untuk membentuk pengelola tunggal pelayanan navigasi penerbangan dan aturan-aturan khusus yang berkaitan dengan pelayanan navigasi. Harapannya, dengan adanya operator tunggal navigasi penerbangan, pelayanan navigasi akan lebih fokus sehingga dapat meningkatkan keselematan penerbangan. Perum LPPNPI merupakan tonggak sejarah dalam dunia penerbangan nasional bangsa Indonesia, karena Perum LPPNPI merupakan satu-satunya penyelenggara navigasi penerbangan di Indonesia yang sebelumnya ditangani oleh PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero) serta Kementerian Perhubungan yang mengelola bandara-bandara UPT di seluruh Indonesia.

Terbentuknya Perum LPPNPI tidak lepas dari kondisi yang berkembang di dunia penerbangan Indonesia sebagaimana kesimpulan hasil audit International Civil Aviation Organization (ICAO) pada 2005 dan 2007, yang salah satunya menyatakan perlunya pembentukan badan atau lembaga yang khusus melayani pelayanan navigasi penerbangan (single ATS provider).

Visi, Misi dan Nilai Perusahaan :

VISI

Menjadi Penyedia Layanan Navigasi Penerbangan Terbaik di Asia Tenggara.

MISI

Menyediakan Layanan Lalu Lintas Penerbangan yang Mengutamakan Keselamatan, Nyaman dan Ramah Lingkungan demi Memenuhi Ekspektasi Pengguna Jasa.

NILAI 

INTEGRITY : Mengutamakan kebenaran dan etika tinggi dalam pergaulan bisnis
SOLIDITY : Mengutamakan kebersamaan dan kerjasama tim dalam menjalankan segala aktivitas bisnis
ACCOUNTABILITY : Berani memperjuangkan kebenaran, kejujuran dan bertanggung jawab
FOCUS ON SAFETY : Mengutamakan keselamatan dalam setiap aktivitas bisnis
EXCELLENT SERVICE : Selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan dan mitra kerja

AirNav Indonesia memberikan pelayanan berupa jasa navigasi udara selama masa penerbangan, mulai dari start up engine, taxi, take off, climb, cruise, descend, landing hingga parkir kembali. Pemberian pelayanan navigasi tersebut dilakukan dalam suatu dimensi ruang udara yang disebut Flight Information Region (FIR) yang terbagi dalam 2 (dua) FIR yakni FIR Jakarta yang terpusat di Kantor Cabang JATSC (Jakarta Air Traffic Services Center) dan FIR Ujung Pandang yang terpusat di Kantor Cabang MATSC (Makassar Air Traffic Services Center).

AirNav Indonesia beroperasi penuh menangani seluruh wilayah udara Indonesia dimana Airnav bertanggung jawab memberikan pelayanan navigasi penerbangan pada 2 area control center (FIR), 25 terminal control unit, 55 tower dan 111 flight information unit terhadap lebih dari 1,5 juta pergerakan pesawat yang mengangkut 75 juta penumpang ke seluruh wilayah kepulauan Indonesia,ditambah lagi dengan 60.000 penerbangan yang mengangkut 13,5 juta penumpang terbang melintasi wilayah udara Indonesia.

 

Untuk lebih lengkapnya, dapat dilihat melalui website resmi kami :

www.airnavindonesia.co.id 

 

Kantor Pusat Perum LPPNPI

Gedung AirNav Indonesia

Jl. Ir. H. Juanda

Tangerang 15121

Banten - Indonesia

Telp:  021 – 5591 5000

Fax:   021 – 5591 5100

www.airnavindonesia.co.id