Pewarta foto Antara Jatim terima "Journalist Awards"

Pewarta foto LKBN Antara Jawa Timur, Eric "Ireng" Siswanto, menerima "Journalist Award 2014" untuk kategori foto yang dianugerahkan oleh JPIP-USAID.


"Journalist Awards dianugerahkan bersamaan dengan pembukaan Simposium Nasional dan Eksibisi di Jakarta pada 9--10 September 2014," kata Direktur Eksekutif JPIP, A Rohman Budijanto, Selasa.

Dalam siaran pers yang diterima Antara di Surabaya, ia menyebutkan "Journalist Award 2014" diberikan dalam sembilan kategori, yakni institusi media, jurnalis cetak, televisi, radio, online, opini, foto, dan jurnalis lembaga negara.


"Anugerah ini diberikan sebagai apresiasi terhadap karya-karya jurnalistik yang dinilai turut mendorong peningkatan kinerja akuntabilitas lembaga-lembaga negara," katanya.


Menurut dia, Journalist Awards 2014 sendiri merupakan rangkaian dari program Akuntabilitas yang berlangsung sejak April 2012 hingga Oktober 2014.


"Selain Journalist Award, program Akuntabilitas! lainnya antara lain workshop dan training jurnalis pada 13 provinsi yang mendorong peningkatan kualitas komunikasi antara jurnalis dengan lembaga-lembaga negara," katanya.


Lembaga negara yang dimaksud adalah Komisi Yudisial, Komisi Informasi, Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), Kementerian PANRB, Ombudsman RI, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).


"Tahapan penilaian dalam Journalist Awards dilakukan melalui seleksi dan penjurian. Proses seleksi dilakukan oleh Tim Evaluator Program Akuntabilitas! dan dilanjutkan penilaian oleh Dewan Juri Independen yang terdiri dari 11 orang jurnalis senior dan perwakilan lembaga negara," katanya.


Anggota Dewan Juri Independen terdiri dari Imam Anshori Saleh (Ketua Dewan Juri/Anggota Komisi Yudisial), Abdulhamid Dipopramono (Anggota Dewan Juri/Ketua Komisi Informasi Pusat), dan Fajar Arifianto Isnugroho (Anggota Dewan Juri/Komisi Penyiaran Indonesia Pusat).


Selain itu, Bambang Utoyo (Anggota Dewan Juri/BPKP), M Agus Susanto (Anggota Dewan Juri/UKP4), Nur Hasni Anwar (Anggota Dewan Juri/KemenPANRB), Winarso (Anggota Dewan Juri/Ombudsman RI), dan Eko Maryadi (Anggota Dewan Juri/Aliansi Jurnalis Independen).


Berikutnya, Akhmad Munir (Anggota Dewan Juri/Persatuan Wartawan Indonesia), Abdul Rahman Ma'mun (Anggota Dewan Juri/Paramadina Public Policy Institute), dan A Rohman Budijanto (Anggota Dewan Juri/Direktur Eksekutif JPIP).


Hasilnya, Special Awards untuk Institusi Media diserahkan oleh Ketua Dewan Pers Bagir Manan kepada Kompas TV, Radio Suara Surabaya, Lombok Post, dan Merdeka.com.


Dari sembilan kategori award, pewarta foto LKBN Antara Jawa Timur, Eric "Ireng" Siswanto, menerima "Journalist Award 2014" dalam kategori foto bersama pewarta foto dari media lain.


Tiga pewarta foto yang menerima "Journalist Award 2014" adalah Tim Task Force Ombudsman RI (Shuttle Bus TKI/Dimuat Majalah Suara Ombudsman, Jakarta); Eric Siswanto (Sabung Nyawa/Dimuat Portal Antara Jatim, Surabaya); dan Fedrik Tarigan (Dirawat 10 Tahun, Hancur 15 Menit/Dimuat Harian Jawa Pos, Surabaya).


"Journalit Awards adalah salah satu instrumen yang digunakan oleh JPIP untuk mengukur tingkat awareness jurnalis dan media lokal terhadap isu yang menjadi concern lembaga-lembaga negara dimaksud," katanya.(*)

 

Sumber: antaranews.com


Kategori Prestasi