Tentang SDM

SUMBER DAYA MANUSIA

Jumlah seluruh karyawan tetap Bahana posisi per 31 Desember 2014 adalah 333 orang dan per 31 Desember 2015 adalah 305 orang, yaitu di BPUI (holding) sebanyak 61 karyawan, BS sebanyak 100 karyawan, BAV sebanyak 41 karyawan, BTIM sebanyak 50 karyawan, dan GNTU sebanyak 53 karyawan. Karyawan mengundurkan diri sebanyak 97 orang dengan alasan  pindah ke perusahaan lain yang bergerak di industri yang sama (pesaing) atau karena alasan pribadi, dan kegiatan transformasi bisnis dan strategi perusahaan yang dilaksanakan di PT Bahana Artha Ventura. Sementara, penambahan karyawan secara total pada tahun 2015 sebanyak 44 orang untuk menggantikan karyawan yang mengundurkan diri atau jabatan baru lainnya.

Dari jumlah 296 orang karyawan tersebut, 64 orang berpendidikan S-2 (21%), 169 orang pendidikan S-1 (55%), sedangkan selebihnya 72 orang (24%) berpendidikan Sarjana Muda, D-3, dan SLTA. Total biaya pegawai untuk Bahana Grup di tahun 2015 adalah sebesar Rp 265,5 Milyar.

Program Management Trainee masih terus dilakukan sebagai program kaderisasi SDM yang kompeten dengan masa pendidikan 6 bulan sampai dengan 1 tahun. Pada tahun 2015, Bahana telah menerima 4 orang Management Trainee.

Kegiatan SDM lainnya adalah melakukan kegiatan pelatihan baik yang bersifat technical skills maupun yang bersifat soft skills sesuai dengan kebutuhan masing masing karyawan. Kegiatan pelatihan ini dilakukan secara inhouse ataupun mengirim karyawan dalam acara public training. Tahun 2015 ini sejalan dengan usaha untuk pengembangan kompetensi karyawan, kami menyelenggarakan inhouse training secara  berjenjang mulai dari level Assistant Manager sampai dengan level Direksi. Untuk Level Vice President sampai dengan level Direksi, kami meyelenggarakan pelatihan “Coaching Excellent for Executive” yang bertujuan agar Senior Level dapat menciptakan budaya Coaching di dalam perusahaan. Untuk level Assistant Manager sampai dengan level Vice President Khususnya yang memiliki anak buah), kami menyelenggarakan pelatihan “Coaching for Excellence : Developing Leader as Coach in Your Organization “ yang bertujuan agar karyawan dapat menerapkan metode coaching sebagai salah satu alat komunikasi dengan anak buah. Untuk level Manager sampai dengan Vice President anak perusahaan, kami menyelenggarakan pelatihan “Certification 4DX” yang bertujuan untuk meningkatkan karyawan dalam membuat terobosan terbaru dalam pencapaian kinerja unggul. Untuk pelatihan technical skills, kami menyelenggarakan beberapa pelatihan secara inhouse seperti sharing knowledge proses bisnis Anak perusahaan, Sosialisasi New Joiner, Sosialisasi LHKKPN, Knowing Your Customer, serta IT Security Awareness yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan masing masing anak perusahaan. Secara total, pada tahun ini divisi SDM telah melakukan 13 kali pelatihan secara inhouse.

 

Seperti tahun sebelumnya SDM melakukan Employee Engagement Survey yang merupakan kegiatan rutin dalam mengevaluasi kondisi organisasi terkait tingkat kepuasan dan komitmen karyawan. Atas tindak lanjut Employee Engagement Survey tersebut, dilakukan beberapa kegiatan strategis, diantaranya: mereview, merevisi, dan meng-update seluruh job description yang ada di Bahana Group (sebanyak 62 posisi di BPUI, 45 posisi di BAV, 72 posisi di BS, dan 49 posisi di BTIM), serta melakukan evaluasi pekerjaan (job evaluation) sebanyak 238 posisi. Diharapkan kegiatan tersebut akan menjadi dasar penyusun program-program pengembangan organisasi dan fungsi SDM di tahun selanjutnya, terutama, penerapan Human Resources Management System (HRMS) yang akan dilaksanakan di tahun 2016.