Pacu Performa Perusahaan, Barata Indonesia Siap Terapkan Aplikasi SAP - ERP

Gresik - PT Barata Indonesia (Persero) siap mengaplikasikan sistem manajemen informasi berbasis teknologi menggunakan Enterprise Resource Planning (ERP) dengan software SAP. Hal ini ditandai dengan digelarnya Kick Off Meeting sebagai tahap dimulainya pengerjaan dan pengimplementasian sistem ERP (Enterprise Resource Planning) di Kantor Pusat Barata Indonesia, Rabu (16/05). Berkerjasama dengan PT SAP Indonesia, perusahaan jasa konsultan SAP (System Application and Product in data processing) di Indonesia, penerapan sistem ini diharapkan dapat membuat perusahaan semakin profesional.

Turut hadir dalam dalam pendandatangan Kick off tersebut, Direktur Utama PT Barata Indonesia (Persero), Silmy Karim serta Managing Director SAP Indonesia, Andreas Diantoro.

ERP merupakan sistem software yang banyak diterapkan di perusahaan manufaktur yang  berperan untuk mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan  dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan. ERP mengedepankan integrasi antara fungsi dan real time transaction sehingga perusahaan akan lebih mudah melakukan perencanaan maupun pemantauan proses yang berjalan secara end to end antar kantor pusat, cabang dan lini bisnis perusahaan.

Direktur Utama PT Barata Indonesia (Persero) Silmy Karim dalam sambutannya meyakini penerapan ERP akan meningkatkan integrasi pada seluruh sistem lini bisnis, mulai dari proses procurement, material management, keuangan dan akuntansi, operasional proyek, dan juga sumber daya manusia. Sentralisasi master data melalui ERP dapat membantu menjaga validitas dan mencegah redudansi data sehingga memperlancar komunikasi antara satu unit dengan unit lainnya.

                “Implementasi ERP ini suatu transformasi bagi Barata Indonesia karena tidak hanya mencakup perubahan sistem informasi manajemen saja, tetapi juga dapat mempengaruhi pola kerja, kebiasaan, maupun tanggung jawab dan kewenangan dari masing-masing bisnis unit/biro. Proses bisnis perusahaan pun akan menjadi lebih efektif dan efisien sehingga diharapkan dapat turut meningkatkan pendapatan perusahaan,” ujarnya

Penerapan ini sistem ini juga diharapkan mampu membuat kualitas serta on time delivery proyek yang dikerjakan oleh Barata Indonesia, semakin terjaga. Selain itu efisiensi perseroan akan lebih meningkat. Laporan pun dapat dihasilkan lebih cepat sehingga dapat membantu Manajemen untuk membuat keputusan-keputusan strategis sehingga tepat sasaran. 

 

Sementara itu, Direktur Operasi PT Barata Indonesia (Persero) mengajak seluruh manajemen dan karyawan berkomitmen penuh untuk merealisasikan dan mendukung penuh pengimplementasian ERP ini. “Saya berharap dengan diterapkannya ERP ini Barata Indonesia dapat mempermudah proses komunikasi  antar manajemen sehingga alur proses bisnis perusahaan bisa berjalan lebih baik,” tuturnya. 

Untuk mengawal pengimplementasian ERP tersebut, Barata Indonesia telah membentuk Project Management Officer (PMO) Implementasi ERP. PMO ERP ini akan bertugas untuk menjamin pengimplementasian ERP dapat berjalan sesuai dengan roadmap yang telah ditentukan


Kategori Berita
Sub Kategori berita