Jalan Sehat 5K Go Clean

Surabaya. Dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke 71, Telkom, PT. BBI, Jasa Tirta I, PT SIER-PIER, PT Petrokimia Gresik dan PT Garam bekerja sama dengan Kementrian BUMN, menyelenggarakan Jalan Sehat 5K Go Clean. Acara ini diselenggarakan pada hari Minggu 14 Agustus 2016 mulai pukul 06.00 WIB dan mengambil tempat Start/Finish di Parkir Timur Plaza Surabaya.

 

Acara ini diikuti oleh lebih dari 10.000 (sepuluh ribu) peserta baik masyarakat umum maupun karyawan dan keluarga karyawan BUMN. Dengan mengambil tema Go Clean dan Go Green, setiap peserta dibekali kantung kertas untuk mengambil sampah yang ditemukan selama acara tersebut berlangsung, minimal sampah pribadi masing-masing peserta.

 

Sejak pukul 05.00 peserta sudah mulai berdatangan di area Parkir Timur Plaza Surabaya. Sekitar pukul 06.00, rangkaian acara dimulai dengan senam pagi bersama, dilanjut dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pelepasan ribuan balon dan diberangkatkan oleh Bapak Dwi Ary Purnomo, Asisten Deputi Layanan Hukum Kementerian BUMN dan jajaran direksi BUMN penyelenggara. Bapak Dwi Ari mengatakan, “Kita libatkan BUMN dan bersinergi dengan pemerintah daerah serta menghimbau warga agar membuang sampah pada tempatnya”, saat melepas peserta jalan sehat.

 

Direktur EBIS Telkom, Muhammad Awaluddin, mengatakan “Acara ini merupakan wujud kerjasama BUMN dengan masyarakat, khususnya di Surabaya. Harapan kami semua, acara ini bisa lebih mempererat hubungan antara BUMN dan masyarakat Jawa Timur pada umumnya dan Surabaya pada khususnya”.

 

Sepanjang acara ini berlangsung, peserta sangat antusias mengikutinya. Di beberapa titik rute, peserta disuguhi atraksi kesenian, semisal Tari Remo dan Reog Ponorogo. Tak hanya itu, terdapat juga atraksi teatrikal perobekan bendera Belanda di gedung Pemuda Surabaya. Yang mana merupakan gambaran perjuangan pertempuran arek-arek Suroboyo dalam melawan masuknya tentara NICA ke Surabaya tahun 1945. Di gedung Pemuda ini pula disedian photobooth dengan berbagai macam background untuk peserta jalan sehat. Mereka bisa melakukan selfie dan menguploadnya ke media sosial dengan tag #JalanSehatBUMNsby. Hasil foto yang diupload dengan tag tersebut, dilombakan dan bagi foto terbaik, akan mendapatkan hadiah tiket pertunjukan Boyz II Men dan sejumlah hadiah uang dari Telkom.

 

BBI sendiri mengikutsertakan rombongan yang kurang lebih berjumlah 400 orang dalam acara Jalan Sehat 5K Go Clean ini. Terdiri dari karyawan dan keluarga karyawan BBI yang dipimpin langsung oleh Bapak Agus Budiyanto, Direktur Operasioanl dan Pemasaran BBI.

Tema Go Clean dan Go Green yang diangkat dalam acara ini nampaknya berjalan cukup baik. Peserta merespon dengan sangat baik, jelas sekali terlihat sepanjang rute, peserta antusiaas mengambil sampah-sampah yang ditemukan di jalan. Rombongan perwakilan kementrian BUMN dan jajaran Direksi BUMN peserta juga antusias mengambil sampah yang ditemukan sepanjang perjalanan. Jadi, sepanjang rute yang dilewati dan di lokasi acara, relatif bersih dari sampah.

 

Untuk memeriahkan dan menarik animo peserta, BBI dan BUMN lain menyediakan ratusan doorprize untuk peserta. Antara lain lemari es, setrika listrik, dispenser, mesin cuci, LED TV, kompor gas dan ratusan lainnya. Sementara grandprize-nya, adalah 3 unit sepeda motor dan hadiah umroh untuk 2 orang sebagai hadiah supergrandprize. Agar lebih adil, maka hadiah supergrandprize berupa umroh tersebut, hanya diperuntukkan bagi peserta masyarakat umum, bukan peserta yang berasal dari karyawan BUMN dan keluarganya. Tepat pukul 11.00, acara jalan sehat ditutup oleh Bapak Dwi Ary Purnomo bersama-sama dengan jajaran direksi BUMN-BUMN penyelenggara acara ini. (SYC)

 

 

Upacara Bendera HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 71 di lingkungan BBI

 

Hari Rabu, 17 Agustus 2016, BBI menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memeringati Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke 71. Upacara ini diselenggarakan di halaman BBI dan diikuti seluruh karyawan BBI. Bertindak selaku pembina upacara adalah Bapak Samsuri, GM Divisi MPJ BBI.

Dengan mengusung tema “Indonesia Kerja Nyata” yang diangkat untuk peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2016 ini, BUMN ingin menunjukkan bahwa tantangan apapun yang dihadapi saat ini harus dapat terjawab dengan memfokuskan diri pada kerja nyata secara mandiri dan berkarakter, demikian amanat Pembina Upacara. (SYC)


Kategori Berita