Komitmen BBI dalam Penerapan Manajemen Risiko

Bahwa dalam rangka menerapkan Manajemen Risiko  di perusahaan, yang merupakan praktik terbaik dalam penerapan  Good Coorporate Governance (GCG), sebagai wujud komitmennya PT Boma Bisma Indra (Persero), menyelenggarakan Bimbingan Teknis Manajemen Risiko, sekaligus untuk mensosialisasikan Kebijakan dan Pedoman Manajemen Risiko diseluruh Jajaran Manajemen Perusahaan, pada Hari Rabu, Tanggal 25 Januari 2017, di Ruang Rapat Bhineka Rasa, Kantor Pusat PT Boma Bisma Indra (Persero),  di Jalan KHM Mansyur 229 Surabaya.

 

Sebelum memulai acara Bpk. Sadeli selaku Manager Pengembangan SDM dan Sistem Organisasi  mengobarkan semangat para peserta Trainer BINTEK Manajemen Risiko untuk membuka  acara BINTEK hari ini , dengan semangat kebangkitan BBI tercinta  “ Apa kabar BBI?”  dan dijawab dengan semangat oleh para peserta trainer “ Sukses” . Demikian salam pembukaan yang selalu dikobarkan untuk membangkitkan semangat sebelum memulai acara/kegiatan yang ada di lingkungan PT Boma Bisma Indra (Persero). 

 

Manajemen Resiko di PT Boma Bisma Indra (Persero) memang bukanlah suatu hal yang baru, tetapi   menjadi wujud komitmen  yang baru, setelah disusunnya Kebijakan dan Pedoman Manajemen Risiko.  Pengimplementasian Manajemen Risiko dengan dibimbing  advisor management Risiko (c/q komite audit ) PT Boma Bisma Indra (Persero), diharapakan dapat mengaplikasikan Manajemen Risiko disetiap aktifitas dan/atau kegiatan Perusahaan. Setiap Jajaran Manajemen Perusahaan mulai dari Dinas dan Departemen terlibat langsung dalam kegiatan sosialisasi Manajemen Risiko di PT Boma Bisma Indra (Persero).

 

“Menerapkan dan/atau mengaplikasikan Manajemen Risiko secara terpadu kepada seluruh jajaran Manajemen dan Karyawan PT Boma Bisma Indra (Persero), dalam setiap aktifitasnya atau kegiatannya dan menjadikan Manajemen Risiko ini menjadi suatu kebiasaan (habit) dengan harapan dapat meminimalisir setiap risiko yang ada di lingkungan Perusahaan,” demikian  yang disampaikan oleh GM Operasi Moch. Subekti  dalam sambutannya sekaligus membuka acara sosialisasi Kebijakan dan Pedoman Manajemen Risiko sekaligus Bimbingan Teknisnya (BinTek).

 

Kegiatan sosialisasi tersebut mendatangkan Narasumber/Praktisi, sekaligus merupakan  Komite Audit  PT Boma Bisma Indra (Persero), Bapak Aang Kunaifi bidang Manajemen Bisnis. Dalam menyampaikan Materinya tentang “ Pengenalan & Pemahaman  Manajemen Resiko” berikut cara untuk Pengisian Formulir dan/atau lampiran, Bagaimana cara untuk memetakan/mengidentifikasi suatu Risiko dan cara menentukan nilai/perhitungan (pembobotan)  Risiko pada level Dinas dan Departemen.

“ Pengumpulan dan Pengelompokkan risiko  yang ada selama ini di masing-masing fungsi , dilihat dan dicermati dari mulai tingkat terendah sampai dengan tertinggi untuk kemudian dikumpulkan dan akan disampaikan ke BOD untuk menjadi tindak lanjut perbaikan kedepan selanjutnya" tambah Aang Kunaifi selaku Komite Audit yang menjadi Nara Sumber.

Tidak hanya pemberian materi, dalam kegiatan yang diikuti para General Manajer, Manajer dan Tim Manajemen Risiko PT Boma Bisma Indra (Persero) juga diisi dengan studi kasus  yang terjadi baik di lapangan maupun di dalam lingkungan PT Boma Bisma Indra (Persero) berdasarkan Manajemen Risiko.

Dengan diadakan sosialisasi ini, diharapkan jajaran GM, Manajer di lingkungan PT Boma Bisma Indra (Persero)  dapat melaksanakan atau mengimplementasikan manajemen resiko di setiap unit kerjanya masing-masing baik di pusat, MPJ maupun MPI. ( Nov, Ang )


Kategori Berita