Verifikasi Lapangan BAPETEN terkait Pembuatan Tangki Teras Perangkat Subkriti

Bapeten-PSTA

Sebagai tindak lanjut dari proses perizinan yang diajukan oleh Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) BATAN untuk program pemanfaatan beamport Reaktor Kartini untuk penelitian dan pengembangan Subcritical Assembly for Molybdenum Production (SAMOP), telah dilakukan verifikasi lapangan ke pabrikan tangki teras perangkat subkritis SAMOP PT Boma Bisma Indra, Pasuruan Jawa Timur (5/12). Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Direktur Perizinan Instalasi dan Bahan Nuklir Dahlia C Sinaga dan dihadiri oleh pemohon izin dari PSTA BATAN Yogyakarta.

Verifikasi ini bertujuan melihat proses dan mekanisme pembuatan, pemasangan dan pengujian tangki teras perangkat subkritis SAMOP yang telah dilakukan oleh pabrikan. Molybdenum yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk proses pembangkit radioisotop yang diperlukan dalam diagnostik di bidang kesehatan kedokteran nuklir. Sistem SAMOP memerlukan teras tangki yang diproduksi oleh PT BBI yang memiliki spesialisasi dan pengalaman dalam pembuatan condenser, untuk digunakan di pembangkit listrik (geothermal, hydroelectric dan PLTGU), pengecoran logam, pressure vessel dan column cladding untuk industri minyak dan gas.

DSCF3709

Hasil dari kegiatan ini diharapkan menjadi pertimbangan ilmiah dalam proses penerbitan persetujuan pemanfaatan beamport Reaktor Kartini dalam rangka pengembangan subkritis untuk menjamin keselamatan pada saat digunakan di masa mendatang. (bho/dpibn/ra/aaw).

DSCF3738


Kategori Berita