Hari Pers Nasional 2017 di Maluku

Oleh Kementerian BUMN 9 Februari 2017 11:55:24 WIB Di Lihat : 29

Hari ini, 9 Februari 2017 masyarakat pers Indonesia memperingati Hari Pers Nasional (HPN). Hari Pers Nasional sendiri lahir dari keputusan Presiden Nomor 5 tanggal 23 Januari 1985. Kala itu, Presiden Soeharto menyebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila. Kemudian Dewan Pers menetapkan Hari Pers Nasional dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibukota provinsi se-Indonesia.

Berbagai acara telah disiapkan untuk menyambut Hari Pers Nasional (HPN) yang tahun ini dilaksanakan di Ambon, Maluku. Rangkaian acara tersebut telah dimulai pada tanggal 1 Februari dan akan ditutup dengan acara puncak pada hari ini, tanggal 9 Februari 2017.

Sebagai tuan rumah, Gubernur Maluku, Said Assagaff, mengatakan bahwa tema besar untuk HPN kali ini adalah membangun Maluku dari laut, sektor perikanan dan pariwisata. Hal tersebut didukung oleh pernyataan Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman yang menjamin dalam waktu dekat Maluku akan meraih gelar sebagai Lumbung Ikan Nasional. Ia sendiri selama di Ambon telah berkeliling bersama Menteri Perhubungan, Pelindo dan Pertamina untuk melihat beberapa titik infrastruktur penunjang industri perikanan di Ambon salah satunya pelabuhan. 

Sedangkan untuk Pers sendiri, di Hari Pers Nasional ini Pers diminta untuk lebih berperan dalam mengurangi informasi hoax. Seperti yang ditegaskan oleh Niken Widiastuti, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, dalam sambutannya di acara Diskusi Publik, memperingati Hari Pers Nasional (HPN), Selasa, (7/2), di Ambon, Maluku, kini pers harus lebih cermat dan berperan mengurangi berita hoax atau berita bohong. Akibat banyaknya berita bohong, kata Niken, sering menimbulkan gejolak sosial dan bentrok horizontal. Maka pers harus menjujung tinggi prinsip-prinsip pers sebagai penjaga kebenaran dan demokrasi, tambahnya.

Niken menekankan, sebagai pilar keempat, pers memiliki pengaruh yang sangat besar. Walaupun sudah muncul media sosial, namun kepercayaan dan pengaruh pers arus utama, tetap besar. Menurut Niken, justru karenanya dalam perkembangan seperti sekarang profesionalisme pers semakin dibutuhkan. 

Kategori Berita KBUMN
Sub Kategori Berita BUMN
Prescon SMT I 2017
Peluang Investasi di Proyek BUMN
Renstra 2019
Peluang Investasi di Proyek BUMN
Renstra 2019

Social Media Bumn