Jelang Peluncuran Satelit Komunikasi Telkom 3S

Oleh Kementerian BUMN 14 Februari 2017 10:39:02 WIB Di Lihat : 110

Dalam rangka mewujudkan program Nawacita poin ke 1 yaitu melindungi warga negara melalui keamanan nasional dan pembangunan pertahanan  serta memperkuat jati diri sebagai negara maritim dan poin ke tiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dan memperkuat berbagai daerah dalam rangka negara kesatuan. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk akan meluncurkan satelit bernama Telkom 3S di Guiana Space Center, Kourou, Guiana Perancis, Rabu (15 Februari 2017), pukul 04.39 WIB. adalah satelit komunikasi geostasioner milik Telkom Indonesia. Satelit ini ditempatkan pada posisi di atas equator dan bergerak mengelilingi bumi dengan lintasan berbentuk lingkaran yang memiliki sumbu rotasi sama dengan bumi.

Seiring perkembangan teknologi dibutuhkan sistem komunikasi satelit yang semakin berkualitas dan sistem komunikasi satelit merupakan solusi tepat sebagai komplementer sistem terestrial yang mampu menjangkau area terluar, terdepan, dan terpencil serta Kebutuhan transponder di kawasan regional dan domestik terus mengalami pertumbuhan setiap tahunnya, sehingga dibutuhkan penambahan jumlah transponder untuk melayaninya.

Satelit Telkom 3S bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan infrastruktur di daerah yang belum terjangkau oleh jaringan teresterial sehingga mampu meniadakan kesenjangan akses informasi dimana Dua per tiga dari wilayah di Indonesia belum terjangkau sistem komunikasi terestrial. Teknologi satelit dan terestrial merupakan jaringan yang saling melengkapi (komplementer).

Selain itu, Satelit Telkom 3S memiliki keunggulan mampu memenuhi kebutuhan layanan siaran televisi berkualitas tinggi (High-Definition Television), layanan komunikasi seluler, broadband internet, serta sistem komunikasi VSAT yang dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia, Asia Tenggara dan sebagian Asia Timur serta dapat memberikan layanan dengan bit-rate lebih tinggi, sehingga menghasilkan kualitas komunikasi yang lebih baik.***

Biro Umum dan Humas

Kategori Berita KBUMN
Sub Kategori Berita BUMN
Prescon SMT I 2017
Peluang Investasi di Proyek BUMN
Renstra 2019
Peluang Investasi di Proyek BUMN
Renstra 2019

Social Media Bumn