Kementerian BUMN Gelar Ngobrol Pancasila

Oleh Kementerian BUMN 5 Juni 2017 09:43:22 WIB Di Lihat : 21

SIARAN PERS

Nomor: PR-13/S.MBU.3/6/2017

Bagian Humas dan Protokol Gedung Kementerian BUMN Lantai 12

Jalan Medan Merdeka Selatan No. 13 Jakarta 10110

Telepon (021) 29935678, Faksimile (021) 29935775

 

Dukung Pekan Pancasila Yang Digagas Pemerintah, Kementerian BUMN Gelar Ngobrol Pancasila

 

Jakarta, 2 Juni 2017 – Sebagai bentuk dukungan terhadap Pekan Pancasila dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Kementerian BUMN melalui Biro Umum dan Humas bersama Forum Humas BUMN menggelar bincang santai bertajuk “Ngobrol Pancasila: Saya Indonesia, Saya Pancasila” Gedung Kementerian BUMN, Jumat (2/6). Hadir sebagai pembicara dalam acara tersebut Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, Wakil Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Dr. Paripurna Sugarda, SH, M.Hum, LLM, budayawan KH. D. Zamawi Imron, serta seniman dan generasi muda Giring Ganesha.  Dalam acara tersebut Pancasila dibahas dari berbagai sudut pandang untuk membangkitkan inspirasi bagi para peserta Ngobrol Pancasila dalam mengamalkan Pancasila secara tepat dan utuh.

 Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro mengatakan, bincang santai tersebut dilaksanakan untuk memperdalam pemahaman, penghayatan dan pengamalan Pancasila bagi pegawai Kementerian BUMN, humas dan karyawan BUMN, Duta BUMN, Mahasiswa, dan Siswa Mengenal Nusantara.

 “Melalui Ngobrol Pancasila “Saya Indonesia, Saya Pancasila” ini, BUMN sebagai agen perubahan yang berperan aktif dalam semua aspek pembangunan, diharapkan dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam semua aspek pembangunan, termasuk melalui pembangunan karakter. Karakter Pancasila tersebut diharapkan dapat memberikan efek positif sebagai penggerak roda BUMN yang bermuara pada kesejahteraan dan kemakmuran Indonesia,” tegas Imam.

 Imam melanjutkan, Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia berperan besar dalam menjaga kesatuan dan persatuan negara. “Selain sebagai pedoman utama bagi bangsa Indonesia dalam mencapai tujuan berbangsa dan bernegara, penting bagi kita untuk menjaga dan memahami fungsi Pancasila dalam menggerakkan dan membimbing seluruh elemen bangsa dalam melaksanakan pembangunan,” ujarnya.

 Untuk memeriahkan Hari Lahir Pancasila tahun ini, Pemerintah mengadakan Pekan Pancasila dengan tema “Saya Indonesia, Saya Pancasila” yang diselenggarakan mulai tanggal 29 Mei hingga 4 Juni 2017. Selain mengadakan bincang santai dengan tema Pancasila, Kementerian BUMN beserta BUMN juga ikut memeriahkan Pekan Pancasila melalui publikasi tema dan logo di sosial media dengan tagar #PekanPancasila #SayaPancasila #PancasilaReborn #KenalPancasila #PancasilaPunyaKita #PancasilaSatu #Pancasila2017 serta lomba menyanyikan lagu Garuda Pancasila. Terkait dengan pelaksanaan kegiatan Pekan Pancasila di masing-masing BUMN, Kementerian BUMN akan memberikan penilaian termasuk pelaksanaan upacara Hari Lahir Pancasila. Para pemenang akan mendapatkan sertifikat langsung dari Menteri BUMN.

 Pekan Pancasila yang digagas oleh Pemerintah diharapkan dapat menguatkan dan memperkenalkan kembali dasar-dasar Pancasila serta menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila. Dengan demikian seluruh komponen masyarakat diharapkan dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

 

Informasi lebih lanjut hubungi:

Teddy Poernama, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol

Email: teddy.poernama@bumn.go.id, Telp. 081222550444

Kategori Siaran Pers

Prescon SMT I 2017
Peluang Investasi di Proyek BUMN
Renstra 2019
Peluang Investasi di Proyek BUMN
Renstra 2019

Social Media Bumn