Kerja Sama PLN dan 7 Perguruan Tinggi

Oleh Kementerian BUMN 6 Maret 2018 19:54:47 WIB Di Lihat : 9

SIARAN PERS

Nomor: PR-20/S.MBU.3.3/2/2018

Bagian Humas dan Protokol Gedung Kementerian BUMN Lantai 3

Jalan Medan Merdeka Selatan No. 13 Jakarta 10110

Telepon (021) 29935678, Faksimile (021) 29935775

 

 

Gandeng 7 Perguruan Tinggi, PLN Kembangkan Inovasi Ketenagalistrikan

 

JAKARTA, 28 Februari 2018 - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  Rini M. Soemarno menyaksikan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara PT PLN (Persero) dengan 7 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yakni UI, IPB, ITB, UGM, UNDIP, ITS dan UDAYANA. Kerja sama ini merupakan bentuk nyata kepedulian BUMN dalam hal ini PT PLN (Persero) untuk Pemberdayaan Sumber Daya Manusia, dalam Penelitian dan Pengembangan Bidang Ketenagalistrikan Tanah Air.

 

PKS ini meliputi:

  1. Magang bersertifikat sesuai kompetensi bidang ketenagalistrikan
  2. Penelitian dan pengembangan bidang ketenagalistrikan
  3. Pembangkit Merah Putih meliputi antara lain : Design Project, Kajian kelayakan Project, Konsultasi terkait dan Site Investigasi
  4. Kendaraan Listrik Nasional meliputi: Penelitian dan pengembangan kendaraan listrik, penelitian dan pengembangan terkait peralatan pendukung kendaraan listrik dan Penelitian serta pengembangan lainnya yang diperlukan untuk mendukung kegiatan penyediaan tenaga listrik.
  5. Diseminasi bidang ketenagalistrikan, baik Nasional maupun Internasional.

 

Acara penandatanganan PKS ini dilakukan antara Direktur Utama PLN Sofyan Basir dengan  7 Rektor di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Rabu (28/2/2018). Ke-7 rektor tersebut adalah Rektor UI: Prof Muhammad Anis,  M. Met, Rektor IPB: Prof Arif Satria SP, Msi., Rektor ITB: Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, Rektor UGM: Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng, Wakil Rektor UNDIP  Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, MSc, Rektor ITS Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc. ES. PhD., Rektor Udayana Prof Dr. dr. Anak Agung Raka Sudewi, Sp.S(K).

 

Dalam arahannya, Menteri Rini menyebutkan kerja sama ini merupakan langkah yang tepat. BUMN sebagai agen perubahan berkewajiban untuk menciptakan kemandirian dan kemajuan bangsa  melalui pemberdayaan para intelektual perguruan tinggi. “Saya mendorong hal semacam ini juga dilakukan BUMN yang lain, dengan melibatkan dunia pendidikan yang lebih banyak, sehingga program link and match dunia pendidikan dengan dunia usaha khususnya, dan terutama BUMN,  benar-benar terwujud. Ini adalah wujud nyata BUMN hadir untuk negeri,” ungkapnya.

 

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengungkapkan dukungan untuk keberlangsungan program kerja sama ini. Sofyan menilai dengan melibatkan potensi anak bangsa dalam pembangunan Infrastruktur ketenagalistrikan akan dapat mendorong roda perekonomian.

 

“Salah satu kerja sama kami adalah PLTU Nasional, yang merupakan pembangkit dengan sumber daya secara menyeluruh dari Indonesia untuk Indonesia, penggunaan produk dan juga tenaga kerja ahli dalam negeri tentu dapat memperkuat struktur industri nasional sehingga tercipta lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesempatan kerja,” jelas Sofyan.

 

 

***

Informasi lebih lanjut:

Ferry Andrianto

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol

Telp. 021-29935678 ext 1107

HP. 081213569399

Email: ferry.andrianto@bumn.go.id

Kategori Siaran Pers
Sub Kategori Berita KBUMN
Kinerja BUMN Tahun 2017 Update
Kiprah BUMN Membangun Negeri
Profil BUMN Indonesia Tahun 2017
Renstra 2019

Social Media Bumn