PERAN BUMN PADA LEBARAN 2017

Oleh Kementerian BUMN 6 Juli 2017 15:49:29 WIB Di Lihat : 29

Jakarta- Seperti tahun sebelumnya, pada Ramadan kali ini Kementerian BUMN bersama-sama dengan Badan Usaha Milik Negara  (BUMN)  kembali mewujudkan komitmen “BUMN Hadir Untuk Negeri” guna meningkatkan nilai tambah kehadiran BUMN di masyarakat.

Adapun program “BUMN Hadir Untuk Negeri’ yang dilaksanakan saat Ramadhan, yaitu kegiatan pembagian 200 ribu Bingkisan Ramadhan oleh PLN, Pertamina, Telkom Indonesia, PGN, Pelindo II, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, Angkasa Pura II, Pembangunan Perumahan, Wijaya Karya, Waskita Karya dan Jasa Marga. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian pemerintah melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN guna memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat Indonesia, secara serentak di 100 titik Masjid Jabodetabek pada hari yang sama.

“BUMN adalah bagian dari masyarakat Indonesia, memiliki kontribusi membangun negeri tanpa kecuali. Salah satunya dengan kegiatan pembagian paket Ramadhan BUMN sebagai bentuk kepedulian BUMN untuk Membantu mereka yang membutuhkan  di saat Ramadhan tahun ini. Saya berharap melalui momentum ini, dapat semakin mendekatkan kami kepada masyarakat dan berkontribusi positif dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat,” tutur Menteri Rini.

Mudik Bareng BUMN 2017

Dalam upaya mendukung program Pemerintah menghadapi Mudik Lebaran 2017, juga antara lain mengalihkan penggunaan sepeda motor ke bus dan kereta api untuk mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi saat musim mudik. Kementerian BUMN Melalui koordinasi Jasa Raharja bersama 28 BUMN turut berpartisipasi dalam kegiatan Mudik Bareng BUMN 2017, seperti Aneka Tambang, Angkasa Pura II, ASDP, Askrindo, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, BKI, Brantas Abipraya, Bukit Asam, Indofarma,  Jasa Marga, Pegadaian, Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III, Pelindo IV, Pertamina, PGN, PLN, Pupuk Indonesia, Semen Indonesia, Taspen, Telkom Indonesia,  Timah, dan  Wijaya Karya.

Sebanyak 112.362 pemudik  yang akan diberangkatkan melalui mudik gratis Ramadhan ini, di Ramadhan ini beberapa moda transportasi yang digunakan sebanyak 1.810 bus, 11 Kereta dengan 85 gerbong, 18 Kapal dan 24 pesawat udara dengan tujuan beberapa kota di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Kesiapan Dalam Operasional Lebaran 2017

Masih banyak lagi peran BUMN dalam upaya mendukung Pemerintah pada mudik lebaran 2017, baik yang terlibat langsung dalam urusan transportasi atau tidak. Dibawah komando Kementerian BUMN, BUMN juga melakukan sejumlah persiapan khusus  menyambut pemudik. Misalnya Kereta Api Indonesia atau KAI melakukan penambahan rangkaian kereta baru, Garuda Indonesia menyiapkan 61.324 kursi penerbangan ekstra. Pelindo I melakukan pembenahan fasilitas pendukung di seluruh terminal penumpang milik Pelindo I termasuk penyediaan Garbarata di Belawan. Angkasa Pura I dengan menyiapkan enam bandara guna memberikan layanan 24 Jam, kapasitas parkir diperluas, menambah alat pemeriksaan metal detector, X-ray dan dua buah screen chek point di terminal A dan B serta membuka posko terpadu bandara. Angkasa Pura II melakukan peningkatan fasilitas pelayanannya. Misalnya, pemasangan X-Ray, CCTV smoking area, toilet, nursery, mushola, troley, tempat sampah, kursi-kursi, rest area, kids zone, e-Kios, dringking water, charger box, chek-in service, dan kapasitas parkir. ASDP melakukan peningkatan pelayanan seperti membuka penjualan tiket berjadwal secara online serta layanan go-show di jalur tol maupun dan peningkatan fasilitas pelabuhan. Pelindo II  melakukan Pembangunan posko-posko Angkutan Lebaran 2017 di terminal penumpang dan membentuk tim angkutan lebaran. Pelindo III melakukan penambahan kapasitas tempat duduk, toilet dan pembangunan posko mudik di beberapa terminal penumpang. Pelindo IV melakukan peningkatan fasilitas pelabuhan mulai dari penataan arus penumpang  embarkasi dan debarkasi, pemasangan CCTV. Air kran yang bisa langsung di konsumsi, ruang menyusui, toilet, mushola, perlengkapan sholat dan kursi roda. Pelni dalam penyelenggaraan angkutan mudik gratis via KM Dobonsolo dan KM Kelud. Bulog dengan menyediakan stok komoditas pangan yang cukup, melaksanakan “Operasi Pasar CBP” menggunakan beras CBP maupun “Operasi Pasar Murah” menggunakan beras Komersial Bulog.

Selain itu, Jasa Marga sebagai BUMN yang bergerak dalam bidang jasa pengelolaan jalan tol juga melakukan berbagai upaya mulai dari menambah kapasitas, membenahi sistem informasi hingga sinergi BUMN untuk mewujudkan mudik Aman dan Nyaman pada arus mudik dan balik lebaran 2017.

Tak Ketinggalan, pelayanan lain yang menjadi perhatian Jasa Marga adalah dengan mengaktifkan jalur fungsional sepanjang 176 Km di Trans Jawa dan sepanjang 41 Km Ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tingggi. Ditambah lagi Jasa Marga juga bekerja sama dengan Pertamina untuk menyuplay BBM kemasan  di lokasi Parking Bay dan Rest Area sehingga tidak ada lagi cerita pemudik di jalan tol kesulitan mencari BBM.***

Humas Kementerian BUMN

Kategori Berita KBUMN
Sub Kategori Berita BUMN
Renstra 2019
Peluang Investasi di Proyek BUMN
Renstra 2019
Peluang Investasi di Proyek BUMN
Renstra 2019

Social Media Bumn