Rail Clinic, Kerja Nyata untuk Negeri

Oleh Kementerian BUMN 9 Mei 2017 10:17:33 WIB Di Lihat : 45

Dalam rangka memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia khususnya di bidang kesehatan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menghadirkan Rail Clinic. Rail Clinic atau kereta klinik ini merupakan yang pertama di Indonesia dan dalam pelayanannya akan memanfaatan jalur KA untuk dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan bermotor.

Proses pengerjaan Rail Clinic telah dilakukan sejak 10 Oktober 2015 di Balai Yasa Yogyakarta dan pada tanggal 12 Desember 2015 telah resmi diluncurkan dengan penyerahan piagam Musium Rekor Indonesia (MURI) oleh pendiri sekaligus Ketua MURI, Jaya Suprana kepada KAI atas keberhasilannya merancang kereta kesehatan pertama di Indonesia.

Sebenarnya Rail Clinic dibangun menggunakan KRD bekas 302 yang dimodifikasi seperti poliklinik berjalan dengan dua gerbong yang memiliki jenis pelayanan kesehatan yang berbeda.              

Di gerbong pertama, seluruh tindakan medis mulai dari pelayanan darurat meliputi bantuan hidup dasar atau CPR, tindakan bedah minor, alat monitoring pasien, alat kejut jantung, rekam jantung, hingga penanganan kasus trauma dapat dilakukan. Sementara di gerbong kedua, dilengkapi ruang pemeriksaan ibu hamil dan bersalin, ruang menyusui, ruang pemeriksaan umum, dan ruang farmasi.

Rail Clinic ini menjadi bukti nyata BUMN Hadir untuk Negeri yang dihadirkan oleh PT KAI melalui pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat yang diketahui masih kesulitan mengakses pelayanan kesehatan

"Dengan adanya Rail Clinic ini, kami berharap dapat membantu pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat di daerah yang tidak terjangkau kendaraan bermotor atau wilayah bencana alam," ujar Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro.

Kategori Berita KBUMN
Sub Kategori Berita BUMN
Prescon SMT I 2017
Peluang Investasi di Proyek BUMN
Renstra 2019
Peluang Investasi di Proyek BUMN
Renstra 2019

Social Media Bumn