Sinergi BUMN Membangun Pariwisata

Oleh Kementerian BUMN 19 Mei 2017 10:59:41 WIB Di Lihat : 20

Sebagai entitas ekonomi yang dimiliki oleh Negara, BUMN memiliki tanggung jawab besar agar keberadaannya bisa bermanfaat bagi masyarakat secara langsung maupun tidak langsung. BUMN harus selalu hadir ditengah masyarakat, yang tertuang dalam bentuk pelayanan publik dan realisasi pelaksanaan program-program serta kegiatan prioritas nasional.

Salah satu kegiatan prioritas yang menjadi perhatian adalah pembangunan pariwisata. Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak pulau dan budaya tentu memiliki potensi yang sangat besar dibidang pariwisata. Untuk itu, Kementerian BUMN dan BUMN bersinergi guna membangun pariwisata Indonesia dan mewujudkan tiga juta wisman tahun 2019 dengan pengembangan destinasi, atraksi, konektivitas dan amenitas disertai pemberdayaan masyarakat, pengembangan sumber daya insani dan optimalisasi teknologi digital.

Dalam rangka mewujudkan pembangunan pariwisata yang dapat dirasakan manfaatnya tidak hanya oleh pemerintah namun juga masyarakat sekitar, BUMN bersinergi mendirikan Balai Ekonomi Desa (Balkondes).

Desa wisata Borobudur menjadi pilot project dari program Balkondes terebut. Untuk mengembangkannya diperlukan sebuat skema dana sponsor dan program kemitraan yang secara keseluruhan ditangani oleh BUMN dengan penunjukan PT Indonesia Tourism Development Corporate (ITDC), PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) (TWC) dan PT Patra Jasa sebagai BUMN Pembina yang akan melakukan pembinaan, pendampingan dan pengawasan.

Balkondes desa wisata Borobudur juga terintegrasi dengan homestay dengan Candi Borobudur sebagai main attraction. Dari integrase tersebut diharapkan para wisatawan setelah dari Candi Borobudur dapat menikmati paket-paket wisata yang ditawarkan oleh masyarakat desa lokal.

Dana yang digunakan dalam pembangunan Homestay dapat menggunakan Dana Sponsor, Program Kemitraan serta Kredit Perbankan. Sedangkan manajemennya menggunakan manajemen HOTEL INDONESIA GROUP (HIG) dengan standar layanan hotel bintang 4.

Melalui Balkondes yang terintegrasi dengan homestay masyarakat disiapkan untuk menyambut wisatawan yang berkunjung ke daerahnya. Dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke daerah diharapkan dapat memberi dampak positif pada perbaikan tingkat ekonomi masyarakat.

Kategori Berita KBUMN
Sub Kategori Berita BUMN
Renstra 2019
Peluang Investasi di Proyek BUMN
Renstra 2019
Peluang Investasi di Proyek BUMN
Renstra 2019

Social Media Bumn