Upaya Perumnas Mewujudkan Program Sejuta Rumah

Oleh Kementerian BUMN 7 April 2017 14:27:28 WIB Di Lihat : 39

Program sejuta rumah merupakan program yang dicanangkan pemerintah melalui sejumlah terobosan khususnya dengan melakukan peremajaan rumah susun guna meningkatkan kapasitas huniannya. Untuk mewujudkannya, Perumnas sebagai badan usaha milik milik negara yang bergerak di bidang perumahan dan permukiman melakukan peremajaan rumah susun Sukaramai di Medan Sumatera Utara.

Peresmian proyek peremajaan tersebut ditandai dengan groundbreaking rumah susun Sukaramai di Medan yang dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono dan Menteri BUMN Rini Sumarno pada hari Rabu (5/4). Nantinya, total rumah yang akan dibangun mencapai 2.064 unit.

“Peremajaan rumah susun Sukaramai ini merupakan yang pertama di Indonesia yang dilakukan Perumnas. Upaya ini merupakan langkah strategi Perumnas dalam mewujudkan program sejuta rumah sekaligus menciptakan kualitas hunian yang lebih baik khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR),” kata Direktur Utama Perumnas Bambang Triwibowo dalam sambutan pembuka acara groundbreaking rumah susun Sukaramai di Medan.

Peremajaan rumah susun akan dilakukan terhadap 14 tower berlantai empat dan akan dibangun menjadi empat tower yang terdiri dari 20 lantai atau mencapai 2,064 unit. Tahap pertama akan dibangun 2 tower dengan total unit sebanyak 1.344. Peremajaan rumah susun Sukaramai ini akan dilakukan di atas lahan seluas 16,717 meter persegi dengan tipe hunian tipe studio 18 m² hingga tipe tiga kamar tidur.

Tahap pertama, sebanyak 5 tower lama dengan total unit hunian 374 unit akan diremajakan menjadi 2 tower dengan total unit sebanyak 1.344 unit. Saat proses pembangunan tahap pertama dilakukan, para penghuni lama akan direlokasi sementara ke lokasi lainnya.

Tak hanya peremajaan rumah susun Sukaramai di Medan, Perumnas juga telah menyiapkan beberapa program peremajaan seperti peremajaan rumah susun kemayoran, rumah susun kebon kacang, rumah susun ilir barat palembang dan seterusnya.

Selain itu, Perumnas juga telah bekerjasama dengan PT KAI dengan semangat sinergi BUMN memulai pembangunan rumah susun di atas stasiun yaitu Tanjung Barat, Pondok Cina dan lain-lain. Serta bekerja sama dengan PD Pasar Jaya memulai pembangunan rumah susun diatas pasar diantaranya Pasar Blok G Tanah abang, Pasar Grogol, Pasar cempaka putih dan seterusnya.

Kategori Berita KBUMN
Sub Kategori Berita BUMN
Renstra 2019
Peluang Investasi di Proyek BUMN
Renstra 2019
Peluang Investasi di Proyek BUMN
Renstra 2019

Social Media Bumn