BUMN Hadir untuk Negeri ´╗┐di Moa dan Liran

Oleh Kementerian BUMN 7 Agustus 2017 11:20:32 WIB Di Lihat : 76

BUMN harus hadir di seluruh pelosok dan lapisan masyarakat demi menjaga dan menciptakan kesejahteraan negeri. Hal tersebut ditegaskan Menteri BUMN Rini M. Soemarno dalam kunjungan kerja bersama sejumlah direktur utama BUMN ke Pulau Moa dan Pulau Liran, Kabupaten Maluku Barat Daya, Minggu (6/8).

Kehadiran BUMN di Kabupaten Maluku Barat Daya ini juga merupakan perwujudan komitmen BUMN dalam melaksanakan amanat Nawacita pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla, terutama untuk mendorong kemajuan dan perkembangan Kawasan Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T).

"Kami bertanggung jawab memikirkan kesejahteraan bapak ibu warga Maluku Barat Daya. Ini baru permulaan, Insya Allah BUMN akan terus membantu masyarakat di pulau ini untuk menjadi sejahtera," ujar Menteri Rini.

Dalam kunjungan hari pertama ke Broadband Learning Center (BLC) dan Pustaka Digital (PaDi) PT Telkom di Pulau Moa, Menteri Rini berdialog dengan sejumlah siswa SD disana. Ia meminta agar fasilitas BLC dan PaDi tersebut dapat benar-benar dimanfaatkan secara maksimal oleh para siswa.

"Melalui BLC, kini siswa-siswi disini dapat belajar secara virtual, mengakses buku dan sumber pengetahuan lain melalui PaDi. Manfaatkanlah fasilitas membaca melalui digital. Dengan banyak membaca kita bangsa Indonesia pasti akan jaya dan menguasai dunia," pesan Rini.

Sementara itu Bupati Maluku Barat Daya Barnabas Orno mengatakan, kehadiran BUMN di Pulau Moa mengembuskan angin segar dan harapan untuk memajukan perekonomian Maluku Barat Daya.

"Kami sangat mengapresiasi kehadiran Ibu Menteri di Maluku Barat Daya ini, apalagi Ibu Menteri merupakan menteri pertama yang menginjakkan kaki di Pulau Moa sejak republik ini merdeka. Saya berharap kehadiran Ibu Menteri dan BUMN disini dapat menggerakkan roda perekonomian disini, apalagi kami memiliki potensi Blok Marsela dan pariwisata yang sangat potensial untuk dikembangkan," ujar Barnabas.

Pada kunjungan hari kedua ke Pulau Liran, Menteri Rini meresmikan BTS (Base Transceiver Station) pertama di Pulau Liran yang dibangun Telkomsel, anak perusahaan PT Telkom. Berkat kehadiran BTS Telkomsel, kini warga Pulau Liran dapat menikmati sinyal 3G dan tidak lagi mengalami kesulitan akses komunkasi.

Selain meresmikan BLC dan BTS di Pulau Liran, dalam kunjungan kerja tersebut Menteri BUMN menyerahkan sejumlah bantuan, antara lain bantuan renovasi gereja, sekolah, bantuan peralatan sekolah, mobil angkutan desa dan hasil bumi, renovasi perumahan, elektrifikasi rumah warga, sekolah dan lampu jalan, pembangunan sumur bor dan MCK, serta rehabilitasi perumahan guru.

Terlibat dalam kegiatan tersebut sebanyak 10 BUMN, yakni BNI, BRI, BTN, Bank Mandiri, Jasa Raharja, Kimia Farma, Pertamina, PLN, Taspen dan Telkom Indonesia. Selain itu kegiatan itu juga terlaksana berkat dukungan 3 BUMN sektor transportasi dan logistik, yakni Pos Indonesia, Pelni dan ASDP.

Kategori Berita KBUMN

Renstra 2019
Peluang Investasi di Proyek BUMN
Renstra 2019
Peluang Investasi di Proyek BUMN
Renstra 2019

Social Media Bumn