Isi Ulang KMT KRL di Minimarket

Oleh Kementerian BUMN 4 Agustus 2017 16:01:12 WIB Di Lihat : 14

PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) sebagai penyedia jasa transportasi umum kereta api memoderenisasi sistem transaksi tiket elektronik (e-ticketing). Kini penumpang KRL dapat melakukan transaksi isi ulang saldo KMT melalui minimarket selain melalui vending machine yang telah ada di tiap stasiun.

“Program modernisasi e-ticketing ini merupakan komitmen KCJ untuk semakin memudahkan penggunanya. Dengan menambah varian lokasi untuk melakukan transaksi tiket selain di vending machine," ujar Direktur Utama PT KCJ Muhammad Nurul Fadhila.

Hingga saat ini tercatat 341 gerai minimarket di stasiun dan wilayah sekitarnya dalam radius hingga 5 kilometer dapat melayani top-up KMT. Calon penumpang bisa menemukan minimarket yang melayani isi ulang saldo KMT dengan melihat logo khusus di kasir dan keberadaan mesin pembaca atau card reader KMT.

Fadhila menjelaskan, cara mengisi KMT di minimarket sama dengan cara mengisi uang elektronik pada umumnya. Calon penumpang tinggal memilih nominal untuk top-up (tambah saldo), menyerahkan KMT dan uangnya kepada kasir, lalu meletakkan KMT pada card reader serta menunggu hingga proses isi ulang saldo selesai.

Semua jenis varian multi trip seperti Gelang Multi Trip, Gantungan Kunci Multi Trip, Stiker Multi Trip hingga Kartu Multi Trip yang bertuliskan powered by FeliCa termasuk KMT X-Presi dapat diterima di gerai minimarket. Sedangkan bagi pengguna yang memiliki KMT lama atau non FeliCa dapat menukarkannya dengan KMT FeliCa di stasiun KRL terdekat.

Isi ulang KMT di minimarket mulai dari Rp 5.000 dan maksimal Rp 200.000 untuk sekali isi. Saldo maksimal di tiap KMT bisa mencapai Rp 1 juta.

“Ini adalah pertama kalinya pengguna bisa melakukan isi ulang selain di stasiun. Terobosan ini juga menunjukkan dukungan KCJ untuk semakin memperluas gerakan masyarakat nontunai yang digagas pemerintah,” ucap Fadhila.

Ke depan, gerai minimarket yang akan melayani isi ulang saldo KMT akan bertambah secara bertahap menjadi 2.000 gerai yang tersebar di area sekitar layanan KRL Jabodetabek. Nantinya, isi ulang saldo KMT juga bisa dilakukan melalui ATM, internet, mobile dan SMS banking, aplikasi Pay Pro, dan jaringan True Money.

Kategori Berita KBUMN

Prescon SMT I 2017
Peluang Investasi di Proyek BUMN
Renstra 2019
Peluang Investasi di Proyek BUMN
Renstra 2019

Social Media Bumn