Struktur Tata Kelola

STRUKTUR TATA KELOLA GCG

Struktur tata kelola Bio Farma mengacu pada Undang-undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, Perusahaan berbadan hukum Perseroan Terbatas memiliki Organ Perseroan yang terdiri dari tiga unsur, yaitu Pemegang Saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) sebagai forum pengambilan keputusan tertinggi bagi Pemegang Saham, Dewan Komisaris sebagai pengawas jalannya pengelolaan Perusahaan, dan Direksi sebagai pengelola Perusahaan.

Berkaitan dengan Organ Perusahaan Dewan Komisaris dan Direksi memiliki wewenang dan tanggung jawab yang jelas sesuai fungsinya masing masing sebagaimana diamanahkan dalam Anggaran Dasar dan peraturan perundang undangan. Dewan Komisaris dan Direksi bertanggung jawab untuk memelihara keberlanjutan usaha Bio Farma dalam jangka panjang sehingga harus memiliki persamaan persepsi terhadap filosofi, visi, misi dan nilai-nilai Perusahaan.

Piagam Satuan Pengawasan Intern

Piagam Satuan Pengawasan Intern atau Internal Audit Charter adalah dokumen formal yang berisi pengakuan keberadaan dan komitmen pimpinan atas fungsi suatu Unit Pengawasan Intern (SPI) di sebuah organisasi atau badan hukum.

PIAGAM AUDIT INTERNAL

Sesuai SK Direksi No. 04276/DIR/XI/2017 tanggal 17 November 2017 tentang Struktur Organisasi PT Bio Farma (Persero), Pengawasan & Pengendalian Intern diubah menjadi Satuan Pengawasan Intern (SPI). 

Secara struktural Satuan Pengawasan Intern berada di bawah Direktur Utama dan dipimpin oleh seorang Kepala Satuan Pengawasan Intern (Ka.SPI) yang membawahi Bagian Auditor Internal. Kepala SPI  diangkat dan diberhentikan oleh Direktur Utama atas persetujuan Dewan Komisaris.