Angkat Potensi Wisata, TWC Bantu Sarana Toilet Umum Untuk Taman Raja Balitung

Keberadaan Desa Wisata mempu memberikan penghidupan bagi warganya. Desa Wisata yang dikelola secara optimal juga berperan meningkatkan kehidupan perekonomian warga.

Banyak Desa Wisata yang terdapat di Kabupaten Sleman sendiri. Salah satunya adalah keberadaan Desa Wisata Jongkangan, Kalasan, Sleman. Desa Wisata ini memiliki daya tarik tersendiri, salah satunya dapat ditemukan pada Taman Raja Balitung.

Bantuan kali ini hadir untuk Desa Wisata Jongkangan yang berada di lingkup Candi Prambanan. Didalam area Desa Wisata ini terdapat sebuah taman wisata berbentuk telaga air yang dipercaya pernah menjadi tempat mandi Raja Balitung.

Keindahan tempat dan suasana rukun dari masyarakat Desa Jongkangan, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, dirasakan oleh tim dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) ketika menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan toilet pengunjung, Selasa (22/10). Antusiasme masyarakat terasa ketika konsep dari acara tersebut digelar secara resmi dan berjalan dengan hangat.

Ketua Taman Wisata Balitung Budi Raharjo mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan TWC. "Semoga dengan bantuan ini, situs wisata ini dapat menjadi besar dan lebih menarik minat kunjungan wisatawan,” Terangnya.

Budi Raharjo menceritakan bahwa objek wisata yang dirintis secara mandiri oleh warga ini berbentuk telaga air. Konon katanya, telaga ini merupakan salah satu titik persinggahan Raja Balitung sebelum bertandang ke Keraton. Masyarakat Desa Jongkangan menamakan tempat tersebut Taman Raja Balitung dan saat ini sudah dijadikan sebagai salah satu objek wisata desa.

Sebagai pihak yang mendukung potensi wisata di Taman Raja Balitung, manajer PKBL TWC Bambang Sarwo Eddy mengatakan bahwa "Wisata desa ini memiliki value mengenai Raja Balitung, dan pembangunan toilet ini kami harap dapat menunjang sarana dan prasarana untuk wisata disini. Wisatawan yang datang untuk mandi di mata air yang ada disini, diharapkan dapat ditunjang dengan adanya toilet baru ini." Ujarnya.

Lebih lagi, keberadaan objek wisata ini dinilai strategis dan terjangkau. Hal ini menambah nilai positif dari desa wisata tersebut untuk lebih dikenal. Pemberdayaan manusia dan area wisata menjadi aspek penting dalam mengokohkan fondasi kawasan wisata Taman Raja Balitung.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan