Apa Yang Kau Temukan Saat Ikuti Prosesi Waisak DI Candi Borobudur

Waisak merupakan hari raya paling besar dan paling bermakna bagi umat agama Budha. Candi Borobudurpun berbenah dan melakukan persiapan untuk menerima ribuah jamaah umat Buddha yang akan beribadah di akhir pekan ini.

Beberapa momen menarik dan juga suasana yang berbeda dapat kamu jumpai dan rasakan saat melihat dan hadir dalam rangkaian upacara Waisak ini. Salah satunya adalah anda akan menjumpai kawasan Candi Borobudur yang tampak berhias sehingga terlihat semakin menarik dan juga semarak.

Selain itu, pada pembukaan rangkaian upacara Hari Tri Suci Waisak, di kawasan Candi Borobudur diadakan pengobatan gratis bagi ribuan warga sekitar dan juga luar daerah. Hal ini dilakukan oleh Walubi sebagai bentuk derma bagi sesama umat manusia. Hal tersebut akan menambah suasana sakral dan juga nuansa kasih sayang yang kental di sekitar Candi Borobudur.

Salah satu kegiatan di perayaan hari Waisak adalah iring-iringan pembawa air suci dari Candi Mendut ke Candi Borobudur. Dalam iring-iringan tersebut biasanya terdapat penampilan-penampilan tari tradisional serta sajian budaya yang kental. Kegiatan ini juga diikuti oleh ribuan jamaah umat Buddha, sehingga rasa gembira dan suasana festival terasa di acara ini.

Para pengunjung yang ingin menyaksikan ritual Waisak pastinya sudah tidak asing lagi dengan momen menerbangkan lampion di pelataran candi ini. Ya, momen inilah yang paling ditunggu oleh pengunjung, terutama wisatawan yang memang mencari momen terbaik untuk diabadikan dan menjadi kenangan terindahnya. Momen ini pastinya akan menjadi salah satu momen yang ditunggu oleh para pengunjung.

Setelah melalui prosesi lepas lampion yang menandakan harapan serta doa, akan ada prosesi meditasi. Tepatnya menjelang detik-detik puncak perayaan Waisak. Saat jelang pukul 4 pagi, kamu tidak akan mendengar suara tawa ataupun mengobrol. Ribuan umat Budhha akan tenggelam dalam meditasi yang dipimpin oleh seorang biksu.

Saat itu kamu juga akan mengalami keagungan Candi Borobudur dalam sunyi, suasana magis akan langsung bisa kamu rasakan. Kamu juga bisa ikutan meditasi selama detik-detik Waisak untuk merasakan pengalaman yang berbeda.

Pastikan untuk melihat agenda kegiatan Waisak yang telah disebar oleh panitia penyelenggara. Selain itu wajib pula bagi para pengunjung untuk selalu meenjaga sikap, sopan santun dan etika dalam menyaksikan kegiatan ini. Sadarlah, bahwa semua kegiatan ini merupakan rangkaian ibadah umat Buddha, sehingga jangan sampai menganggu jalannya prosesi acara tersebut.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan