Beberapa Jenis Relief Yang Terdapat Pada Tubuh Candi

Relief dapat ditemui di hampir seluruh bangunan candi bercorak Hindu maupun Budha. Biasanya relief dipahatkan di dinding luar candi, baik pada bagian kaki, tubuh, atap candi, pelipit, bidang hias atau panil, dan pilaster.

Ada dua jenis relief yang umum dipahatkan, terdiri dari relief cerita (naratif) dan relief non cerita. Relief naratif memvisualisasikan bentuk cerita yang menggambarkan cerita keagamaan atau pendidikan moral. Cerita tersebut dapat dibaca searah jarum jam (pradaksina) atau berlawanan arah jarum jam (prasawya).

Sementara itu relief non cerita dibagi ke dalam empat ragam hias. Yakni ragam hias geometris (ragam hias tertua), ragam hias tumbuh-tumbuhan/flora, ragam hias binatang/fauna, dan ragam hias kombinasi.

Ragam hias tumbuh-tumbuhan juga berkembang dengan banyak variasi, yakni sulur lengkung dan sulur gelung (sulur tumbuhan yang melingkar dan saling berhubungan) dan purnakalasa dan purnaghata (bunga teratai yang keluar dari jambangan).

Candi Prambanan yang banyak dihiasi dengan relief-relief ragam hias tumbuh-tumbuhan. Di sisi atas tubuh dan atap candi, ragam hias yang mendominasi berbentuk untaian mutiara dan bunga terompet. Kemudian ragam hias geometris bisa ditemui di bagian pelipit mengelilingi kaki, tubuh, dan pagar langkan candi.

Ayo Berwisata Ke Candi Prambanan

Sumber: suaramerdeka.com


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan