Beberapa Tips memotret Candi Borobudur Yang Perlu Kamu Ketahui

Candi Borobudur dapat menjadi pilihan memotret bagi kamu pencinta dunia fotografi. Namun, kerap kali kita kesulitan untuk memotret relief yang ada di Candi Budha terbesar di dunia itu.

Pencinta fotografi tak perlu bingung karena fotografer Magelang, Suparno yang pernah ambil bagian dalam memotret relief Candi Borobudur membagikan pengalaman serta tipsnya.
"Untuk memotret relief Candi Borobudur, lihat bulannya dulu," kata Suparno, Selasa (12/11/2019) di rumahnya.

Berikut beberapa tips memotret relief Candi Borobudur untuk hasilkkan foto terbaik dari Suparno:

1. Bulan September-Maret posisi matahari berada di selatan candi Menurut Suparno, posisi matahari pada September-Maret berada di selatan candi. Pada pagi hari pemotretan terbaik untuk bidang relief yang menghadap ke timur dan selatan.

"Pagi itu sekitar pukul 07.00 hingga pukul 10.00 yang paling bagus mas," urainya. Kemudian, untuk pemotretan relief pada sore hari lebih baik dilakukan pukul 14.00 hingga 16.30 WIB. "Ini karena posisi matahari yang menghadap ke barat dan ke selatan," katanya.

2. Bulan Maret-September posisi matahari bergerak ke Utara Selain itu, pada bulan Maret hingga September, menurut Suparno posisi matahari sedang bergerak ke arah utara. "Pemotretan semua bidang relief yang menghadap ke timur dan ke utara untuk pagi," ujarnya.

Sedangkan untuk sore hari, bidang relief akan menghadap ke barat dan utara. "Untuk jamnya juga sama yaitu pada jam 07.00-10.000 untuk pagi, dan 14.00-16.30 untuk sore hari," tambahnya.

Suparno merupakan orang Indonesia nomor dua yang pernah ikut ambil bagian memotret seluruh relief Candi Borobudur selain pelopor fotografi Indonesia, Kassian Cephas.

"Jadi semua tempat ini punya karakter atau keistimewaan sendiri. Pada bulan tertentu sangat baik, bagus sekali, contoh di Kedok itu pada Juni sampai Juli, kita bisa menikmati matahari itu seperti saat kita kecil di tengah dua gunung. Kemudian ada posisi lain lagi yang Borobudur di bawah Merapi, dan di antara dua gunung," jelasnya.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan