Belajar Konservasi Candi Bareng BPCB Jateng

Puluhan siswa dari dua sekolah menengah yaitu, SMA Stella Duce 1 dan SMA Budi Mulia Yogyakarta, mengikuti kegiatan Belajar Memugar dan Konservasi Candi di kawasan Candi Sewu, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Selasa (16/4). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara dalam memperingati Hari Warisan Dunia yang biasa diperingati pada tanggal 18 April.

Dalam kegiatan tersebut, sebelumnya para siswa diajak untuk melihat film pendek yang mengenalkan tentang kawasan Prambanan yang memiliki kekayaan situs cagar budaya. Kekayaan tersebut terinci dalam beragamnya arsitektur dan juga motif dari beberapa candi yang berada di sekitar Prambanan.

Setelah dikenalkan mengenai sejarah kawasan Prambanan serta pengenalan sepintas tentang bangunan beberapa candi, para siswa lantas diajak berkeliling di Museum Manjusrigrha. Di museum yang berada di utara Candi Sewu tersebut, para siswa diajak untuk mengetahui tentang seluk beluk bangunan candi dan juga cara perawatannya.

Di museum ini, para siswa di kebaikan dengan beragam jenis batu yang digunakan untuk membuat candi. Selain itu, mereka juga dikenalkan tentang sistem pengunci batu, sehingga tubuh candi dapat menopang bebannya. Hal tersebut perlu dijelaskan, karena banyak mitos yang beredar di masyarakat bahwa tubuh candi memakai putih telur sebagai bahan perekat antar batunya.

Kemudian, para siswa tersebut diajak untuk langsung terlibat dalam aktivitas perawatan batuan candi. Beberapa macam perawatan candi meliputi penyemprotan dengan air serta pengolesan batuan candi dengan cairan aseton. Beberapa siswa mencoba satu persatu tekbik perawatan batu candi tersebut.

Salah satu peserta, Amelia mengaku baru sekali mencoba membersihkan batuan candi ini. "Seru sih, tadi diajak langsung menyemprot batu candi pakai air. Berkesan sekali." Terang siswi asal SMA Stella Duce 1 ini.

Setelah itu mereka diajak untuk mengunjungi Candi Sewu. Candi bercorak Budha tersebut masih banyak menyimpan misteri. Hal ini karena pembangunannya yang belum selesai dan masih terus berjalan. Gugusan candi di Candi Sewu diperkirakan berjumlah sekitar 249 buah saja. Jumlah ini terdiri atas satu candi utama, delapan candi pengapit, dan 240 candi perwara.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan