Berkunjung Ke Museum Prambanan

Museum Prambanan terletak di Jalan Raya Jogja-Solo Km 16 Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Museum ini dibangun pada tahun 1998 sebagai salah satu fasilitas bagi wisatawan yang berkunjung di Taman Wisata Candi Prambanan.

Keberadaan museum ini untuk mengetahui lebih jauh sejarah mengenai andi Prambanan. Ide awalnya adalah untuk mengumpulkan tinggalan arkeologis yang ada di Candi Prambanan maupun candi-candi di sekitarnya, beserta artefak-artefak yang berhubungan dengan candi tersebut. Namun, pada akhirnya museum ini menjadi wadah penyimpanan yang disaksikan oleh masyarakat luas.

Museum Prambanan menempati areal tanah seluas 10.000 meter persegi dengan bangunan bercorak arsitekstur Jawa. Museum ini mempunyai bagian-bagian berupa pendopo, ruang pameran, ruang kantor, dan ruang audio visual.

Di pendopo bagian tengah dikelilingi empat ruangan masing-masing dihubungkan dengan teras beratap. Keempat ruangan tersebut digunakan untuk ruang koleksi milik Museum Prambanan.

Keempat ruangan tersebut memiliki barang koleksi yang unik dan berbeda. Di ruang koleksi I, pengunjung akan melihat proses pembuatan relief yang ada di Candi Siwa, salah persebaran situs dan arca di area Candi Prambanan.

Di ruang koleksi III, barang yang disimpan di sini khusus yang memiliki hubungan dengan Dewa Wisnu. Di ruang koleksi IV, adalah foto-foto Candi Prambanan zaman dahulu kala yang masih berbentuk reruntuhan.

Mari belajar Sejarah di Museum Prambanan

 

Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan