Berkunjung Ke Ratu Boko

Memandang ke arah selatan dari Candi Prambanan, berdiri sebuah bukit. Bukit yang merupakan bagian dari pegunungan sewu yang membentang di selatan Yogyakarta hingga ke arah timur yakni Tulungagung. Bukit Ratu Boko, adalah tempat dimana keraton sekaligus tempat menyepi yang paling anggun di Yogyakarta berada.

Pada awalnya istana Ratu Boko ini bernama Abhatagiri Vihara atau gunung penuh kedamaian. Udara yang sejuk, dan langit yang semakin temaram membawa suasana damai dan sepi. Tahun 1790 Van Boeckholzt melaporkan telah menemukan reruntuhan bukit.

Dari sinilah kemudian FDK Bosch meneliti dan menyimpulkan sisa-sisa reruntuhan ini adalah Keraton van Ratoe Boko. Sudah banyak yang menulis sejarah Istana ini, baik dari segi bangunanya hingga peruntukannya.

Tak salah jika pengelola candi membangun Andrawina, sebuah bangunan tepat disisi utara bukit yang menghadap langsung ke arah Yogyakarta. Bukit ini, memang tempat yang tepat untuk melihat kaki langit di ufuk barat. Saat paling indah adalah saat sang surya masuk dalam peraduannya menjelang senja.

Dari pelataran istana Ratu Boko, atau Andarwina maka mata akan dimanjakan dengan lukisan alam yang indah luar biasa. Langit biru secara pelan akan berubah kekuningan, lalu keemasan dan merah merona. Warna-warni langit akan tergradasi menjadi cahaya yang hangat dan menghantarkan pada momen golden sunset. Inilah saat terindah dan paling indah matahari terbenan dari Istana Ratu Boko.

Pengelola Keraton Ratu Boko menawarkan banyak tujuan di lokasi itu. Selain wisata spiritual, lokasi candi bisa untuk pre-wedding photography, bisa untuk outbond, hiking, juga untuk kegiatan MICE.

Mari Berkunjung ke Keraton Ratu Boko!


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan