Candi Borobudur Jadi Tema Utama Gelaran Jateng Fair 2019

Candi Borobudur menjadi tema utama dalam gelaran Jateng Fair yang akan diadakan pada tanggal 28 Juni hingga 14 Juli 2019 nanti. Dipilihnya Candi Borobudur sebagai tema oleh panitia, karena keberadaan candi ini menjadi salah satu daya tarik utama wisatawan untuk berkunjung ke wilayah Jawa Tengah.

"Temanya itu, Borobudur yang Mulia dan Agung atau Glorious Borobudur. Karena Borobudur merupakan aset Jateng yang telah mendunia, maka kami kerja sama dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) yang kebetulan tahun ini mereka akan mencanangkan Borobudur sebagai tempat spiritual dan cagar budaya, bukan hanya tempat wisata." ujar Direktur PT Pusat Rekreasi Promosi Pembangunan (PRPP) Jateng, Titah Listiorini.

Dia menjelaskan, Candi Borobudur sebagai wisata unggulan Jawa Tengah menjadi dasar konsep tahun ini. Area PRPP ditata dengan mengadopsi keindahan Candi Borobudur. ”Kami akan menghadirkan makanan khas Magelang, di mana Candi Borobudur berada,” tuturnya.

Beberapa rancangannya adalah Borobudur Mini Park, yang merupakan taman berisi replika Candi Borobudur. Kemudian, Borobudur Art & Agriculture, menyajikan kebudayaan dan pertanian daerah Magelang. Borobudur Culinary Fair, panggung hiburan, panggung budaya, pameran pembangunan daerah, pameran kreatif, pameran kinerja industri, Art & Hobies, Food & Beverages, otomotif, elektronik, multiproduk, dan lainnya.

”Terdapat tujuh pintu dengan nama Kamadhatu, Rupadhatu, Arupadhatu, Tama Lumbini, Karmawibhangga, Lalitavistara, dan Jatakamala,” papar Titah.

Pesta rakyat Jawa Tengah, Jateng Fair 2019, bakal digelar di PRPP, Jalan Anjasmoro, Semarang. Kegiatan tahunan yang digelar PT Pusat Rekreasi Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah tersebut, tahun ini mengusung tema ”Glorious Borobudur”.

Sumber: antara | suaramerdeka.news


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan