Candi Plaosan: Candi Kembar Yang Terus Berkembang

Candi Plaosan berada di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten. Candi ini tidak hanya cantik dari bentuknya, tapi akan tampak terlihat anggun ketika menjelang matahari terbit serta matahari terbenam. Candi Buddha ini menampilkan siluet cantik yang membuat kagum siapa saja.

Candi Plaosan merupakan candi bercorak Budha. Candi ini sering disebut sebagai candi kembar, karena terdiri atas dua kompleks candi, yaitu, Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Relief yang berada di Plaosan Kidul menggambarkan laki-laki, sedangkan Plaosan Lor menggambarkan wanita.

Candi Plaosan ini merupakan sebuah saksi dari ikatan cinta yang suci yang ditunjukan oleh Pramoedyawardani dengan Rakai Pikatan, raja Mataram Kuno dari Wangsa Sanjaya. Menurut cerita, keluarga kedua nya tidak merestui hubungan mereka hingga mereka mencoba berbagai cara agar keluarga merestui.

Dulu kawasan candi ini terbilang sepi. Pengunjung yang masuk pun hanya mengisi buku tamu saja. Setelah beberapa tahun berjalan dan mulai tersebar foto-foto keindahan candi ini di sosial media, kini Candi Plaosan sudah menjadi kawasan yang menarik.

Hal ini dapat dilihat dari mulai banyaknya pedagang kaki lima yang berjualan, dan area parkir warga yang berada di sekitarnya. Selain berkembang dengan hadirnya pedagang kaki lima, kawasan ini juga berkembang dengan adanya spot foto yang di kelola oleh warga sekitar.

Untuk dapat mencapai Candi Plaosan, Sahabat Wisata dapat memakai shutte bus dari kawasan Candi Prambanan yang hanya berjarak kurang lebih 2 km saja.

Mari nikmati panorama Candi Plaosan!


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan