Fasilitas Yang Dapat Ditemukan Di Kawasan Ratu Boko

Kawasan Situs Ratu Boko yang berada pada lanskap yang berbukit menyuguhkan atraksi lain yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Dengan banyaknya potensi yang dimiliki, Kompleks Situs Ratu Boko cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Dalam aspek wisata, pihak pengelola, yaitu, PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero)menyediakan beragam fasilitas untuk menunjang wisatawan dalam berkunjung ke Ratu Boko. Fasilitas-fasilitas tersebut disediakan oleh pengelola untuk menarik minat serta membuat betah wisatawan dalam kunjungannya ke Ratu Boko.

Salah satu fasilitas yang tersedia adalah Gardu Pandang. Letak gardu pandang ini berada di Bukit Boko Barat dan sebuah gardu terletak di sebelah utara Candi Pembakaran. Fungsi gardu pandang adalah untuk melihat pemandangan bukit-bukit, Gunung Merapi, pemandangan ke candi-candi lain yang ada di sekitar Kawasan Situs Ratu Boko.

Selain itu, wisatawan dapat menikmati pengalaman menyaksikan matahari tenggelam dari tempat ini. Gardu yang terletak di utara Candi Pembakaran atau di bagian timur-utara bukit digunakan untuk melihat pemandangan ke arah Gunung Merapi dan Candi Prambanan.

Fasilitas yang lain adalah Plaza Andrawina. Plaza Andrawina terdiri dari sebuah restoran yang berada di sisi barat dari kompleks Ratu Boko. Konsep semi terbuka dihadirkan oleh pegelola agar pengunjung dapat lebih menikmati suasana sejuk dan tenang di resto ini.

Dari plaza ini, pengunjung dapat melihat dengan jelas pemandangan alam yang indah dari Candi Prambanan dan Candi Sewu dengan latar belakang Gunung Merapi. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat indahnya pemandangan matahari terbenam dan pegunungan yang mengelilingi kawasan Situs Ratu Boko.

Di kawasan Keraton Ratu Boko juga tersedia Toko Cinderamata. Toko ini menyediakan beberapa hasil kerajinan dari desa-desa wisata di sekitar kompleks Situs Ratu Boko dan souvenir. Toko cinderamata ini terletak di area parkir kendaraan.

Jika wisatawan ingin bertanya seputar informasi, pengelola kawasan Keraton Ratu Boko sudah menyiapkan Fasilitas Informasi. Fasilitas informasi yang disediakan untuk mendukung kegiatan wisata terdiri dari beberapa jenis, antara lain papan peta kompleks Situs Ratu Boko yang terletak di dekat loket karcis serta papan informasi tentang sejarah yang diletakkan di spot-spot tertentu.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan