Gelar Ruwat Rawat Candi Borobudur

Masyarakat pegiat tradisi yang tergabung dalam Warung Info Jagad Cleguk menggelar Ruwat Rawat Borobudur 2019, Sabtu (20/4). Kegiatan tradisi ini turut menyemarakkan peringatan Hari Warisan Dunia yang jatuh tiap tanggal 18 April.

Dalam kesempatan tersebut turut dipentaskan Tari Kidung Karmawibhangga di Lapangan Lumbini, Taman Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Tarian ini terinspirasi dari relief Karmawibhangga di Candi Borobudur yang menggambarkan hukum sebab akibat.

Tarian ini menggambarkan seseorang yang sedang jatuh cinta, kerinduan dan kecemburuan menyebabkan berbagai sumber kegelisahan yang dapat menimbulkan persoalan. Persoalan tersebut menjadi bagian dari pergulatan kehidupan yang terekam oleh nenek moyang kita pada abad ke 8 Masehi.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Kepala Seksi Balai Konservasi Borobudur, Yudi Suharyono dan juga GM Unit Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sedana. Dalam sambutannya, Kepala Seksi Balai Konservasi Borobudur, Yudi Suharyono mengajak semua elemen untuk turut serta menjaga kelestarian candi Borobudur dengan menaati aturan yang berlaku.

Sumber: Konservasi Borobudur


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan