Perayaan Waisak Di Candi Borobudur

Waisak 2019 akan segera tiba. Momen peringatan tiga kejadian besar menurut umat Budha. Umat Buddha akan memperingati tiga peristiwa penting di hari itu, yakni lahirnya Sidharta Gautama, penemu dan pencetus Agama Buddha, tercapainya Sidharta Gautama dalam tahap penerangan Agung dan menjadi Buddha, dan hari di mana Buddha Gautama wafat. Oleh karenanya, peringatan ini biasa disebut perayaan Tri Suci Waisak.

Momen Peringatan Waisak 2019 secara nasional masih dipusatkan di Candi Borobudur. Festival lampion Waisak di Candi Borobudur menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu saat perayaan Waisak 2019 nanti. Pasalnya, festival lampion Waisak tak hanya diikuti oleh umat Buddha, tetapi juga masyarakat umum yang ingin meramaikannya.

Acara tersebut tak lain adalah festival lampion Waisak yang rutin diadakan di candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno tersebut. Ribuan lampion kertas nantinya akan diterbangkan ke langit Magelang yang masih bersih dari polusi cahaya. Suasana syahdu begitu terasa saat cahaya lampion berkelap-kelip di langit layaknya kumpulan rasi bintang.

Masyarakat umum dapat mengikutinya pada Sabtu, 18 Mei 2019. Festival lampion akan dimulai dari pukul 20.00 hingga 21.30 WIB. Acara ini direncanakan berlokasi di Lapangan Marga Utama Candi Agung Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Sedangkan bagi umat Buddha, lampion akan diterbangkan pada hari yang sama, yakni Sabtu, 18 Mei 2019 namun, jam pelaksanaannya berbeda, yakni mulai pukul 22.00 sampai 24.00 WIB. Lokasi penyelenggaraannya pun berbeda dengan festival lampion untuk masyarakat umum karena akan digelar di Pelataran Candi Agung Borobudur atau Taman Lumbini.

Festival ini bakal berlangsung syahdu lantaran diiringi lantunan parita suci yang dibacakan oleh ribuan umat Buddha dari seluruh nusantara dan mancanegara serta ratusan Bhikkhu Sangha dari berbagai negara.

Untuk, info selengkapnya, kamu dapat menghubungi contact person yang tertera di laman instagram @borobudurpark.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan