Pesona Alam Di Situs Sejarah Ratu Boko

Suka berwisata ke tempat bersejarah? Ditambah dengan pemandangan alam yang mempesona? Mari kunjungi Situs Ratu Boko di Sleman, Yogyakarta.

Keraton kuno peninggalan Kerajaan Mataram ini memiliki arsitektur indah, nilai historis dan view siluet cantik saat matahari terbenam. Letak Situs Ratu Boko di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Situs Ratu Boko diminati traveler milenial, baik pelancong domestik ataupun turis mancanegara.

Situs Ratu Boko merupakan Keraton peninggalan Kerajaan Mataram Kuno, dibangun sekitar abad 8 Masehi pada masa wangsa Syailendra, atas perintah rajanya Rakai Panangkaran. Berdasarkan ditemukannya Prasasti Abhayagiriwihara yang menunjukkan biara dibangun di sebuah bukit penuh kedamaian. Situs ini juga sering dikaitkan sama legenda kisah putri raja Ratu Boko, antara Rara Jonggrang dengan Bandung Bondowoso.

Berdiri megah pada tanah lapang luas di atas bukit, komplek Situs Ratu Boko terdiri dari beberapa kelompok bangunan kuno cagar budaya diantaranya gapura, candi batu putih, candi pembakaran, paseban, pendopo, pringgitan, kaputren, dan goa. Dalam kawasan situs arkeologi tersebut banyak ditemukan artefak bercorak Hindu (Durga, Ganesha, Garuda, Lingga, Yoni) dan Buddha (Dhyani Buddhas).

Keraton Ratu Boko ini menjanjikan spot cantik. Dari sebelah utara, akan terlihat panorama landscape Gunung Merapi dan Candi Prambanan. Bagi traveler milenial waktu senja, di Ratu Boko menjadi favorit, pasalnya ikonik siluet gerbang Keraton Ratu Boko menyatu bersama pemandangan alam.

Ada beragam spot ya bisa digunakan sebagai latar foto. mulai dari gerbang pintu keraton Ratu Boko yang ikonik, area pemandian atau keputren hingga pohon trembesi yang berdiri gagah di tengah luasnya alun-alun keraton Ratu Boko. Semua dapat menjadi latar foto yang indah dan mempesona.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan