Program Srawung Radio TWC hadirkan Komunitas Berbagi

Bulan Ramadan merupakan bulan penuh hidayah serta ampunan. Banyak muslim merayakan bulan ini dengan banyak kegiatan positif, seperti bersedekah dan juga berbagi.

Saat ini, banyak kelompok atau komunitas mengadakan kegiatan berbagi. Kegiatan ini didasarkan oleh semangat kebersamaan dan didorong dari rasa persaudaraan antar sesama umat manusia. Salah satunya ialah Komunitas Sadiqa Jogja.

Komunitas berbagi ini dihadirkan dalam program Srawung Radio Taman Wisata Candi (TWC) yang berada di kompleks Taman Wisata Candi Prambanan. Dalam program ini dihadirkan komunitas-komunitas unik dengan visinya masing-masing untuk dikenalkan pada pendengar Radio TWC.

Komunitas Sadiqa Jogja terbentuk pada 5 Maret 2019 lalu. Salah satu pendirinya, Bintang Ilmania bercerita mengenai awal pembentukan komunitas ini.

"Jadi kita berempat ini sudah berteman. Sering kumpul, ngobrol, diskusi. Kemudian kita punya keinginan untuk berbagi. Melihat dari beberapa komunitas berbagi lain yang sudah ada, kita terus punya keinginan buat komunitas berbagi juga." terangnya.

Sadiqa sendiri merupakan merupakan kata yang menggambarkan komunitas sedekah dengan semua anggotanya perempuan.

"Kata Sadiqa ini kita pilih karena dengan kata sedekah. Selain itu, kata ini kan berbau perempuan. Jadi kita pakai kata ini, karena komunitas kita memang mayoritas perempuan." terangnya.

Komunitasberbagi yang bermarkas di Mergansan, Tamansiswa, Yogyakarta ini memiliki program utama berupa Bekal (Berbagi Makanan Halal). Program berbagi ini dijalankan tiap Jumat pagi. Ratusan box makanan akan dibagikan ke berbagai objek.

"Untuk objek pembagian, biasanya kita putuskan tiap Rabu. Sasaran kita biasanya pasar. Kita juga pernah berbagi di Rumah Sakit Wirosaban Yogyakarta. Kita bagi sarapan untuk para keluarga pasien yang sedang menunggu. Kita juga pernah berbagi di TPST Piyungan, Bantul." Kata Bintang Ilmania yang akrab dipanggil Mei ini.

Mei juga mengajak para pendengar yang ingin ikutan aksi berbagi ini dapat langsung menghubungi Komunitas Sadiqa Jogja, baik via WhatsApp ataupun laman instagramnya yang beralamat di @komunitassadiqajogja.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan