Selayang Pandang Candi Prambanan

Candi Prambanan atau juga di sebut dengan Candi Roro Jonggrang adalah Komplek candi Hindu terbesar di Indonesia yang di bangun pada abad ke-9 Masehi. Candi Prambanan dibangun sekitar tahun 850 Masehi oleh salah seorang dari kedua orang ini, yakni Rakai Pikatan, Raja kedua wangsa Mataram I atau Balitung Maha Sambu, semasa wangsa Sanjaya. Hal tersebut diperkuat degan temuan prasasti ciwagrha karya Rakai Pikatan yang berangka tahun 856 Masehi.

Pada tahun 1733 M seorang Belanda, bernama C. A. Lons menemukan sebuah candi yang terkubur di kedalaman tanah lebih dari 6 meter. Lons memotret dan segera melaporkan kondisi candi Prambanan kepada pemerintah Hindi Belanda pada waktu itu. Karena terletak di desa Prambanan, maka candi tersebut dikenal sebagai candi Prambanan.

Kita akan menjumpai banyak bangunan yang ada disana. Tapi hanya ada 3 candi yang diutamakan dan 3 candi inilah yang menjadi candi utama. 3 candi ini meliputi Candi Brahma, Candi Wisnu dan Candi Siwa. Menariknya, Candi Siwa lah yang menjadi candi tertinggi dengan tinggi sekitar 74 meter yang juga menjadi candi Hindu tertinggi di Indonesia.

Candi Prambanan memang sangat kental dengan budaya Hinduisme, namun candi Prambanan tidak hanya milik umat Hindu atau orang Jawa (jika dikaitkan dengan letak geografisnya) saja. Candi Prambanan dengan segala kekayaan nilai budayanya juga milik kita semua, terutama milik generasi muda Indonesia.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan