Sinergi BUMN DIY Beri Pembekalan Peserta Terpilih Siswa Mengenal Nusantara

Program BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) tahun 2019 hadir kembali di Yogyakarta. Program ini dikoordinir oleh PT PP (Persero), Tbk. sebagai Person in Charge (PIC) dibantu PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko (Persero), PT Bahana PUI (Persero), PT KBI (Persero) dan PT Primisima (Persero) sebagai Co PIC.

Rangkaian sinergi BHUN di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah diawali dengan kegiatan Safari Ramadhan yang mencakup kegiatan Santunan Anak Yatim serta pembagian Al-Qur’an. Kegiatan selanjutnya adalah Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang akan digelar bersama dengan Provinsi Riau.

Sebanyak 91 siswa SMA/SMK dari lima kabupaten/kota mengikuti seleksi menjadi peserta SMN 2019, di ruang Sasana Cipta, Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY. Kegiatan seleksi dan pembekalan SMN DIY dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemudan dan Olahraga Propinsi DIY R. Kadarmanto Baskata Aji beserta jajaran serta penyelenggara lima BUMN.

Seleksi ini meloloskan 20 siswa-siswi yang akan dikirim ke Provinsi Riau bersama 3 siswa berkebutuhan khusus dari SLB di DIY untuk belajar agar membentuk insan berwawasan luas serta lebih mengenal kekayaan seni dan budaya bangsa.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdikpora DIY Isti Triasih mengatakan peserta yang lolos harus melalui seleksi wawancara yang meliputi motivasi, kemandirian, tata krama, minat dan bakat siswa. Setelah itu, para siswa yang lolos seleksi akan mengikuti program pembekalan di hari kedua.

Pembekalan peserta SMN di hari kedua, diawali dengan pengenalan mengenai BUMN PIC dan CO PIC. Selain itu para siswa juga dibekali pengetahuan dalam dunia jurnalistik, yang meliputi penulisan berita, foto, video, vlog dan media sosial sekaligus trik bagaimana menggunakan media sosial dengan baik dan benar. Untuk mengenalkan budaya Yogyakarta, peserta juga diwajibkan untuk mementaskan kesenian tari saat berada di Propinsi Riau nanti.

Pada tanggal 13 Agustus 2019, 23 siswa terpilih akan diberangkatkan via Bandara Adisutjipto Yogyakarta menuju Pekanbaru. Selanjutnya, BUMN penyelenggara SMN DIY akan menerima peserta SMN dari Provinsi Riau untuk mengikuti kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Yogyakarta dari tanggal 13 sampai 20 Agustus 2019.

#SiswaMengenalNusantara
#bumnhadiruntuknegeri

Instagram @kementrianbumn 
Youtube KEMENTRIAN BUMN RI
facebook KementrianBUMNRI


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan