Spot Foto Terbaik Di Candi Prambanan

Candi Prambanan, sebagai salah satu Situs Warisan Dunia yang terdapat di Indonesia memiliki pesona tersendiri dilihat dari berbagai sudut, apalagi diabadikan dalam berbagai bentuk karya foto, video, dan lukisan. Bagi penggemar fotografi, pastinya tidak puas hanya mendapatkan gambar candi dari satu sisi saja.

Di Candi Prambanan ini, terdapat beberapa spot foto terbaik untuk mengabadikan kompleks Candi Prambanan dan sekitarnya, salah satunya berada di reruntuhan Candi Perwara. Di kompleks Candi Prambanan terdapat banyak runtuhan candi pengiring atau candi Perwara yang tersusun rapi. Reruntuhan biasanya dijadikan latar depan bagi fotografer untuk memotret keseluruhan Candi Prambanan.

Foreground berupa reruntuhan memberikan efek berbeda ketika melakukan pengambilan gambar dari sisi tersebut. Jika mencari bagian reruntuhan terbaik, lokasinya berada di sisi timur laut di mana ketiga candi utama terlihat jelas. Akan lebih sempurna jika diambil pada sore hari menjelang matahari terbenam.

Selain di reruntuhan candi perwara, anda juga dapat mengambil foto terbaik di spot Ibu Ani. 
Spot ini menjadi terkenal setelah mendiang Ani Yudhoyono, mantan ibu negara Republik Indonesia mengabadikan foto dari titik tersebut.

Sebelum menuju ke pelataran candi dari jalan utama, coba berbelok ke arah selatan dan dekati sebuah pohon mahoni. Dari spot ini, carilah sudut pengambilan tepat yang menampakkan gambar seluruh candi dengan bingkai pohon mahoni. Gambar akan terlihat semakin indah jika diambil pada pagi hari ataupun sore hari menjelang terbenamnya matahari.

Sahabat Wisata juga dapat mencoba mengambil foto pada spot Candi Nandi. Candi Nandi merupakan candi pengiring yang berada di depan tiga candi utama Prambanan. Pada pintu masuk candi, Anda akan mendapati gapura kecil yang menghadap ke 3 candi utama atau candi induk.

Dari belakang gapura kecil inilah, kamu dapat mengambil foto ketiga candi utama dengan sempurna. Untuk mengambil gambar dari spot ini, dibutuhkan lensa super-lebar (wide) yang dapat menjangkau keseluruhan tiga candi utama Prambanan.

Ketika menjelang matahari terbenam, petugas akan mengarahkan pengunjung keluar dari kompleks candi. Di pelataran, kamu dapat mengambil foto, tepatnya di lapangan luas bernama Syiwa Mandala yang kerap dijadikan sebagai tempat favorit menikmati senja. Meskipun bukan lokasi terbaik, tetapi tempat ini cukup bagus untuk mengabadikan senja dengan latar depan Candi Prambanan.

Jika ingin mengambil suasana Candi Prambanan dari kejauhan, Sahabat WIsata juga dapat pergi menuju Spot Riyadi. Lokasinya berada di sebuah bukit di Dusun Dawangsari, Desa Sambisari, Prambanan, 2 km dari Candi Prambanan. Lokasinya yang tinggi memberikan sudut terbaik untuk memotret candi dari atas beserta bentang alam di sekitarnya.

Waktu terbaik untuk mengambil gambar dari tempat ini yaitu ketika pagi jelang matahari terbit, sehingga kamu dapat melihat candi yang bermandikan sinar keemasan dan kabut yang menyelimutinya. Sementara pada malam hari, keindahannya semakin sempurna dengan cahaya lampu sorot yang menerangi candi serta lampu pemukiman di sekitarnya. Spot ini akan penuh dengan para fotografer saat momen pergantian tahun untuk memotret Candi Prambanan yang bermandikan gebyar kembang api di sekitarnya.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan