Talkshow Radio TWC Bareng BPCB Jateng & PT TWC

Radio Taman Wisata Candi kembali hadir menyelenggarakan talkshow interaktif bersama dengan Balai Pelesatarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah & PT TWC. Program yang dipandu oleh Puput ini membahas tentang Apa Pentingnya Menjaga Cagar Budaya.

Talkshow Interaktif Radio Taman Wisata Candi ini merupakan kerjasama antara TWC Media dengan BPCB Jawa Tengah. Talkshow ini menghadirkan narasumber Wahyu Kristanto dan Putu Dananjaya dari BPCB Jateng serta Manager Pemasaran dan Pelayanan PT TWC Unit Prambanan Agus Setiawan.

Pada sesi pertama program tersebut, Putu menjelaskan secara singkat mengenai tugas BPCB dalam melindungi situs cagar budaya dan definisi cagar budaya itu sendiri.

"Cagar Budaya ada berbagai macam tentunya. Ada struktur, ada bangunan, ada situs, ada kawasan, yang semuanya itu kita kelola di BPCB Jateng. Cagar budaya pun juga ada kriteria nya misalnya usia nya, gaya, dan nilai-nilai yang ada disana" terang Putu Danajaya yang merupakan Staf Publikasi dan Pemanfaatan BPCB Provinsi Jawa Tengah.

Wahyu Kristanto juga menjelaskan mengenai undang-undang tentang pelestarian cagar budaya. "Jadi yang terkait tentang cagar budaya ada sebuah regulasi yaitu UU No. 11 tahun 2010 tentang cagar budaya. Di situ secara garis besarnya terkait tentang pelestarian cagar budaya yang kita bagi menjadi 3 bagian yaitu Perlindungan, Pengembangan dan Pemanfaatan." Kata Wahyu.

BPCB Jawa Tengah pun sigap dalam melindungni serta mengekskavasi benda-benda cagar budaya yang ditemukan. Hal tersebut seperti yang dikatakan oleh Wahyu. "Bagaimana kita menangani cagar budaya yang rusak atau terancam tentunya ada ketentuan dan suatu metode-metode yang kita terapkan. Misalnya ada cagar budaya yang rusak dan hampir punah nanti ada Tim TPNS tersendiri yang menanganinya". Terang Wahyu.

Sementara itu, Manager Pemasaran dan Pelayanan PT TWC Unit Prambanan Agus Setiawan menjelaskan mengenai keamanan dan perlindungan situs cagar budaya yang telah dilakukan oleh PT TWC sendiri. PT TWC selaku pengelola taman dan kawasan yang berada disekitar Candi Prambanan bersikap responsif jika ada pelanggaran aturan. "Kita sudah memperingatkan untuk pengoperasian drone di wilayah Candi prambanan dan fasilitas lain yang bisa merusak atau menggangu". ujar Agus.

PT TWC bekerjasama dengan pihak keamanan dan aparat kepolisan untuk mengamankan kawasan situs budaya, misalnya senjata tajam atau spidol untuk mencoret-coret bangunan candi. "Kita bentuk kerjasama-kerjasama antar instansi keamanan seperti kepolisian untuk menindak para pengunjung yang melanggar peraturan terkait dengan perlindungan situs cagar budaya." tutup Agus.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan