Tips Mengikuti Rangkaian Hari Raya Waisak Di Candi Borobudur

Hari Raya Waisak merupakan hari perayaan bagi umat agama Budha. Perayaan ini sudah menjadi semacam ritual sendiri, bagi umatnya untuk erbondong-bondong datang ke Candi Borobudur, dan kawasan sekitarnya. Perayaan Waisak ini selalu mendatangkan ribuan warga baik dari Magelang, luar daerah maupun luar negeri untuk menyaksikan rangkaian hari besar tersebut.

Perayaan Waisak begitu menggoda, karena selain rangkaian acaranya yang panjang, beberapa kegiatannya juga amat sangat menarik serta sulit terlupakan. Momen melepaskan lampion di halaman Candi Borobudur, merupakan salah satu agenda yang wajib diikuti dalam perayaan ini, khususnya bagi para pencinta fotografi.

Walau bertepatan dengan momen Ramadan 1440 H, perayaan hari suci Waisak sepertinya akan memantik rasa penasaran ribuan warga yang ingin menyaksikan gelaran ini. Warga pun harus bersabar, mengingat rangkaian acaranya yang panjang, dimulai dari Selasa (14/5/2019) hingga Minggu (19/5/2019) dini hari.

Namun, sebagai calon pengunjung yang ingin mengabadikan rangkaian acara perayaan hari raya Waisak pada bulan Mei 2019 nanti, kita harus tetap menjunjung tinggi etika dan norma kesopanan. Di samping jangan sampai mengganggu ibadah para umat Budha. Kita harus menghargai bulan suci Ramadhan. Mengingat wilayah Kabupaten Magelang memiliki mayoritas muslim yang besar.

Berikut adalah tips mengikuti perayaan hari raya Waisak tahun 2019:

Kedepankan Etika dan Norma Kesopanan

Jaga etika dan kesopanan dalam diri kita. Yang perlu kita lakukan adalah jangan mengganggu ibadah para Biksu seperti mengambil gambar tepat di depan barisan. Jangan pula menaiki susunan batu Candi Borobudur. Jangan melakukan hal yang menimbulkan kebisingian.

Pelajari Jadwal Acara

Setiap menjelang hari raya Waisak. Panitia perayaan hari raya selalu akan menginformasikan jadwal rangkaian acara perayaan hari raya Waisak. Sebagai calon wisatawan yang baik. Kita wajib mengetahuinya dan pastikan kita benar-benar ingin datang dalam rangkaian acara tersebut. Jangan memaksakan ingin mengunjungi suatu rangkaian acara yang justru malah merepotkan diri sendiri atau orang lain.

Spot Strategis

Ada beberapa tempat strategis untuk mengambil gambar rangkaian perayaan hari raya Waisak selain Candi Borobudur. Salah satunya adalah pedestrian di Kota Magelang. Para Biksu biasanya akan melewati Kota Magelang dengan berjalan kaki beriringan. Momen ini tentu saja menarik untuk diambil gambarnya melalui foto.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan