Tips Untuk Melihat Pertunjukkan Sendratari Ramayana

Pagelaran Sendratari Ramayana Prambanan dilangsungkan di Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan, tepatnya di Theater of Ramayana Balet, Jl Raya Jogja – Solo Km 16, Prambanan. Pada musim kemarau (Mei, Jui, Juli, Agustus, September, Oktober), pertunjukan akan dilangsungkan di panggung terbuka dengan Candi Prambanan sebagai backgroundnya. Sedangkan pada musim penghujan (November, Desember, Januari, Februari, Maret, April), pertunjukan dilangsungkan di panggung tertutup Gedung Trimurti.

Untuk mencapai tempat ini kamu tinggal menyusuri Jalan Raya Jogja – Solo. Sebelum jembatan di samping Candi Prambanan, silahkan belok kiri (utara) sekitar 100 meter. Kompleks Theater Ramayana Ballet ada di kanan jalan, satu kompleks dengan Garden Restaurant. Jika tidak membawa kendaraan pribadi, kamu bisa naik bus Trans Jogja rute 1A dan 1B. Berikut adalah beberapa tips bagi kamu yang ingin melihat Sendratari Ramayana:

• Untuk menjamin ketersediaan tiket pertunjukan, ada baiknya kamu melakukan reservasi terlebih dahulu via telepon. Apalagi jika kamu ingin menyaksikan pertunjukan ini pada musim libur hari raya atau libur panjang.

• Pastikan perutmu sudah terisi ketika hendak menyaksikan pertunjukan ini. Duduk selama 2 jam di tempat terbuka dengan perut kosong bisa menyebabkan masuk angin.

• Seusai pertunjukan akan ada sesi foto bersama pemain, karena itu jangan buru-buru pulang. Luangkan waktumu untuk berpose sejenak bersama tokoh yang kamu suka. Biasanya penonton berebut foto bersama Rama Shinta, Anoman, serta kijang kencana. Jika tak ingin antri, kamu bisa berfoto bersama penari lain yang tak kalah mempesona.

• Jika berencana melakukan tour sehari, kamu bisa memulai tour dari Candi Prambanan, naik shuttle bus ke Istana Ratu Boko, lantas kembali lagi ke Prambanan untuk menyaksikan sendratari Ramayana Prambanan.

• Sambil menunggu pagelaran Sendratari Ramayana Prambanan dimulai, kamu bisa berjalan ke sekitar sungai di dekat panggung pertunjukan dan memotret Candi Prambanan di kala senja yang bertabur lampu warna-warni. Mengingat tidak setiap hari Prambanan disoroti lampu, maka kesempatan ini jangan sampai kamu lewatkan.

• Akan lebih berkesan lagi jika pengunjung datang di saat musim kemarau dan bulan purnama, karena pengunjung akan melihat cerita Ramayana secara keseluruhan.

https://www.maioloo.com/seni…/sendratari-ramayana-prambanan/


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan