Wahana Interaktif Samudera Raksa Di Taman Wisata Candi Borobudur

Banyak cerita historis yang termaktub dalam tiap relief yang ada di Candi Borobudur. Candi Budha terbesar di Indonesia ini menyimpan banyak cerita yang dapat digali informasinya sehingga dapat menyebarkan nilai-nilai luhur nusantara.

Salah satu relief di Candi Borobudur ialah relief kapal Samuderaksa. Relief ini menceritakan sebua kapal muatan yang menjadi lambang kokohnya kehidupan maritim bumiputera jaman dahulu. Mereka telah hidup dengan laut sebagai salah satu jalur utama persebaran dan persinggungan dengan budaya luar.

Jika anda penasaran bagaimana Borobudur menyimpan sejarah maritim yang mumpuni, anda bisa berkunjung ke wahana interaktif Samudera Raksa. Wahana ini menampilkan sinema interaktif petualan Raka mengenai jalur perdagangan bahari antara Indonesia purba, Madagaskar, dan pesisir Afrika Timur, yang dijuluki "Jalur Kayumanis". Raka yang merupakan sebutan untuk anak laki-laki menjadi tokoh utama dalam wahana Samudraraksa ini.

Di sini kita diajak untuk melintasi ruang dan waktu, serta bisa ikut interaktif dalam rangkaian cerita. Selain sinema interkatif, Koleksi utama pameran museum ini adalah rekonstruksi Kapal Borobudur dalam ukuran sesungguhnya yang telah menempuh perjalanan napak tilas mengarungi Samudra Hindia dari Jakarta menuju Accra, Ghana pada tahun 2003—2004.

Sebuah sinema interaktif petualangan Raka Samudraraksa yang dibuka tanggal 15 Juni 2018 itu mengubah wajah museum menjadi modern. Karena museum ini menjadi tempat belajar interaktif yang menarik, terutama bagi anak-anak.

Mereka dapat bermain dengan ikan-ikan yang muncul pada layar tiga dimensi yang menarik secara visual. Selain itu, juga ditampilkan ragam sejarah maritim nusantara dengan visual apik dan dapat berinteraksi langsung dengan pengunjung.

Mari kunjungi wahana interaktif Samudera raksa di Taman Wisata Candi Borobudur!


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan