Wakaf Mata Air Untuk Hapus Air Mata, Sinergi 7 BUMN Bangun Sumur Bor

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), Perum Pembangunan Perumahan Nasional, PT Permodalan Nasional Madani (Persero), PT Angkasa Pura 1 (Persero), PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) memberikan bantuan sarana air bersih berupa pembuatan sumur bor dan pipanasi di Dusun Mongkrong, Sampang, Gedangsari Gunungkidul, Kamis (24/10).

Sinergi 7 BUMN pada kegiatan groundbreaking ini menyerahkan bantuan senilai Rp 350.000.000 untuk pembuatan sumur bor dan saluran jaringan air bersih kerumah warga masyarakat. Sinergi 7 BUMN ini hadir untuk memberikan solusi terhadap musim kering yang tiap tahun dialami oleh warga Sampang, Gedangsari, Gunungkidul ini.

Kepala Desa Sampang Suharman mengatakan bahwa ada lima padukuhan yang terdampak kekeringan di desanya. Terdampak ratusan keluarga yang kekeringan air bersih untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

"Desa kami tiap tahun mengalami kekeringan. Kekeringan ini juga menyebabkan gagal panen bagi para petani. Semoga dengan bantuan ini dapat menjadi solusi bencana kekeringan di desa kami." Terang Kepada Desa

Vice President CSR PT KAI Agus Supriyono yang juga bertindak selaku perwakilan sinergi 7 BUMN ini mengatakan bahwa bantuan sumur bor merupakan langkah strategis untuk menyelesaikan permasalahan kekeringan di desa ini. "Nantinya air sumur ini bisa mencukupi kebutuhan 200 keluarga saat musim kemarau menghampiri." Terang Agus.

Sebelumnya, pemilihan lokasi sumur bor ini telah melalui proses panjang. "Dipilihnya lokasi ini merupakan hasil penelitan dari tim Geologi Universitas Pembangunan Veteran Nasional. Rencana pengeboran sedalam 100 meter sampai mencapai titik air. Kemudian air disalurkan kepada warga desa." Agus menambahkan.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan