YIA Terima Penerbangan Komersial Pertama

 

Bandara Udara Yogyakarta International Airport (YIA) untuk pertama kalinya menerima para penumpang pesawat maskapai penerbangan Citilink dengan jurusan Jakarta-Yogyakarta, Senin (6/5). Pesawat Airbus A320 Citilink Indonesia terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma (HLP), Jakarta, pada pukul 11.30 WIB dan mendarat di YIA pukul 12.40 WIB.

General Manager YIA Agus Pandu Purnama beserta jajaran langsung menerima kedatangan para penumpang pesawat. Mereka mendapatkan sebut bunga dan juga buah tangan dari Angkasa Pura.

Untuk penerbangan rute internasional dari bandara NYIA di Kulon Progo ini adalah tujuan Singapura dan Malaysia oleh dua maskapai penerbangan Silk Air dan AirAsia. Implementasi rute penerbangan ke Malaysia dan Singapura akan dilakukan secara bertahap.

Adapun, rute penerbangan domestik yang siap dioperasikan di Bandara NYIA adalah tujuan Palangkaraya, Samarinda, Jakarta, dan Denpasar. Empat rute tersebut akan dilayani maskapai Batik Air. Hanya saja, Batik Air belum berkomitmen menyediakan penerbangan setiap hari.

Adapun, maskapai anak usaha Garuda Indonesia, Citilink, bakal melayani penerbangan NYIA - Halim Perdanakusuma, Jakarta dengan frekuensi penerbangan satu kali per hari.

Bandar Udara Yogyakarta berdiri di tanah seluas 528 hektare, di mana 358 hektare merupakan airside dan 223 hektare landside. Panjang landasan pun hingga 3.250 meter dengan lebar 45 meter.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan