Hal-Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Candi Sewu

Candi Sewu berada di satu kawasan yaitu Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan. Candi Sewu ini wajib dikunjungi karena menawarkan legenda yang menarik untuk diketahui baik relief atau artefak maupun cerita di baliknya.

Candi Sewu Klaten mempunyai nama asli Candi Prasada Vajrasana Manjusrigrha yang diketahui di dalam Prasasti Kelurak tahun 782 masehi dan Prasasti Manjusrigrha tahun 792 masehi. Menurut cerita masyarakat sekitar, nama Candi Sewu mengarah pada jumlah candi yang sangat banyak dengan bebatuan yang hampir mendekati jumlah seribu.

Menurut para ahli arkeolog, Candi Sewu ini merupakan candi yang mempunyai usia yang lebih tua daripada Candi Prambanan ataupun Candi Borobudur yaitu dibangun pada sekitaran abad ke-8 masehi. Selain itu, arsitekstur candi ini berasal dari perpaduan dari candi Hindu dan candi Buddha, sehingga membuat Candi Sewu ini menarik untuk dikunjungi dan diulas lebih dalam lagi.

Percampuran dua agama awal di pulau Jawa di Candi Sewu ini menarik untuk diikuti. Keberadaan Candi Sewu yang dibangun tidak jauh dari Candi Prambanan menunjukkan bahwa sejak zaman dahulu umat Hindu dan Buddha di tanah Jawa hidup berdampingan dan harmonis. Rakai Pikatan seorang pangeran dari dinasti Sanjaya menikahi Pramodhawardhani dari dinasti Sailendra. Setelah dinasti Sanjaya berkuasa rakyatnya tetap menganut agama sebelumnya.

Candi Sewu juga merupakan kompleks candi Budha terbesar di Indonesia. Kompleks Candi Sewu menampung 249 candi dan 8 Arca Dwarapala. Fakta Candi Sewu sebagai Kompleks Candi Budha Terbesar di Indonesia juga telah diakui oleh Unesco dalam pernyataan Outstanding Universal Value-nya.

Selain itu, walau bernama Candi Sewu (Seribu), namun ternyata jumlah candi di kawasan ini tidak sampai seribu. Menurut catatan Balai Peletarian dan Cagar Budaya (BPCB), jumlah candi di Kompleks Candi Sewu total 249 terdiri dari 1 bangunan candi utama, 8 Candi Apit dan 240 Candi Perwara.

Banyak sekali cerita menarik yang dapat digali lebih dalam pada situs ini. Mari berkunjung ke Candi Sewu!

*Berbagai sumber


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan