Permainan Tradisional Di Keraton Ratu Boko

Pada dasarnya ada beberapa elemen pariwisata yang harus dipenuhi agar pengembangan destinasi wisata di suatu daerah dapat berjalan dengan baik. Hal tersebut ialah 3A, yaitu atraksi, amenitas serta akses.

Kraton Ratu Boko yang terletak di sebuah bukit dengan ketinggian ± 195.97 m diatas permukaan laut memiliki segala yang menarik untuk dikunjungi. Selain panoraman sunset yang menawan, di Ratu Boko hadir atraksi permainan tradisional serta baju adat yang bisa digunakan oleh wisatawan.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh GM Unit Ratu Boko Wiharjanto yang mengatakan bahwa "keberadaan Keraton Ratu Boko tidak hanya berfungsi sebagai penjaga sebuah peninggalan cagar budaya saja, namun juga ikut melestarikan keberadaan budaya tradisional yang ada di masyarakat, salah satunya adalah permainan tradisional ini." Terangnya.

Beberapa bilih bambu yang telah dibentuk menjadi sebuah enggrang tersedia di tempat ini. Enggrang tersebut tidak terlalu tinggi, sehingga dapat dinaiki, baik oleh dewasa maupun anak-anak dengan aman. Selain itu terdapat alat untuk bermain gasingan serta bakiak yang digunakan bersama tim. Hal ini dapat menghangatkan tali pertemanan dan persaudaraan.

Selain itu, aneka baju tradisional dapat juga digunakan oleh wisatawan. Mulai dari kimono Jepang maupun pakaian tradisional khas Jawa. Semua ini agar kesan masa lampau di Ratu Boko dapat terbentuk. Bisa juga, wisatawan yang ingin berfoto menggunakan pakaian jaman dahulu ini agar menjadi suvenir terindah kunjungan di Ratu Boko.

Mari berkunjung ke Keraton Ratu Boko!


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan