Sah, Bulog penyedia beras Bansos Pangan di Langkat

Elshinta.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat, Sumatera Utara Indra Salahudin selaku Ketua Tim Koordinasi (Tikor) Bantuan Sosial Pangan Kabupaten Langkat membuka Sosialisasi Pelaksanaan Program Bantuan Sosial Pangan kepada E-Warong, Senin (16/9) di aula Akper Pemkab Langkat, Stabat.

Dalam paparannya Sekda meminta kepada Perum Bulog agar memenuhi unsur 6T (tepat sasaran, tepat waktu, tepat harga, tepat jumlah, tepat kualitas dan tepat administrasi) sebagai penyedia beras bansos pangan dan 310 agen E-Warong di Kabupaten Langkat dapat mengetahui mulai bulan September ini pemasok beras ke E-Warong adalah Perum Bulog sesuai surat edaran Menteri Sosial Nomor 01/MS/K/07/2019 tentang Perum Bulog sebagai Penyedia Komoditas Bantuan Sosial Pangan (Bansos Pangan).

"Diharapkan kepada Perum Bulog untuk memperhatikan prinsip tersebut dalam menyediakan komoditas dalam program bansos pangan ini, selain itu juga saya ingatkan tidak selamanya orang itu susah, kalau memang sudah tidak layak dapat, segera digantikan sesuai mekanisme," jelas Indra, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, M Salim.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Langkat, Rina Wahyuni Marpaung, selaku Sekretaris Tim Koordinasi Bansos Pangan Kabupaten Langkat mengatakan, Sosialisasi ini bertujuan agar para agen E-Warong memahami mekanisme penyaluran beras dari Perum Bulog Divre Medan dengan prinsip 6T. Selain itu sosialisasi ini juga melibatkan pendamping sosial pangan yaitu Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) untuk membantu program bansos pangan di kecamatan masing-masing.

"Sosialisasi pelaksanaan program bantuan pangan kepada E-Warong ini dihadiri oleh seluruh agen e warung di Kabupaten Langkat, selama ini E-Warong ke suplayer swasta, tapi mulai September ini semua ke Perum Bulog, sesuai surat dari Kemensos, kegiatan sosialisasi ini juga dihadiri unsur himpunan bank negara yang menangani terkait keuangan keluarga penerima manfaat," pungkas Rina.

Sementara itu dari Bulog Kasubdiv Medan Ade Mulyani didampingi Glen Dedi Simanjuntak mengatakan, bahwa beras yang akan disalurkan ke E-Warong beras jenis premium. Mitra Bulog akan mengantar langsung pesanan beras ke E-Warong se-Kabupaten Langkat dengan memenuhi aturan yang berlaku.

Andi Juandi


Kategori Berita