Tata kelola Perusahaan (GCG)

GCG Perum BULOG

Penerapan tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) menjadi salah satu ketentuan penting dalam mewujudkan visi dan misi serta keberlangsungan usaha perusahaan. Penerapan prinsip-prinsip GCG dalam setiap pengurusan Perusahaan bermanfaat untuk menjaga performa dan kinerja usaha, meningkatkan nilai perusahaan dan mempertahankan eksistensi perusahaan dalam persaingan bisnis secara global.

Berikut ini merupakan ruang lingkup Penerapan GCG secara umum:
GCG

Perusahaan Umum (Perum) BULOG sebagai salah satu BUMN yang didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 2003 dan dilanjutkan berdirinya dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2016 akan senantiasa memenuhi kaidah-kaidah serta aturan GCG yang ditetapkan oleh Pemerintah. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian BUMN telah menerbitkan aturan tentang Pengembangan Praktik Tata Kelola Perusahaan yang baik sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri BUMN Nomor : Per-01/MBU/2011 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance) pada Badan Usaha Milik Negara sebagaimana diubah dengan Peraturan Menteri BUMN Nomor : Per-09/MBU/2012.

Ketentuan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pedoman terperinci bagi Perusahaan BUMN, termasuk Perum BULOG dalam menerapkan GCG berdasarkan prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, kemandirian, serta kewajaran.

Penerapan GCG dalam jangka panjang berpengaruh terhadap kinerja Perusahaan karena prinsip-prinsip GCG merupakan landasan bagi proses penyelenggaraan usaha dan bisnis Perum BULOG. Perusahaan harus mempertanggungjawabkan tindakan dan pekerjaannya kepada publik. Akuntabilitas sebagai persyaratan untuk mencegah penyalahgunaan wewenang dapat menjamin pencapaian tujuan-tujuan Perusahaan secara efektif dan efisien sesuai dengan ekspektasi Pemilik Modal sehingga meningkatkan kinerja serta memperbaiki citra Perusahaan.

Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (GCG) di Perum BULOG terus mengalami peningkatan dan penyempurnaan sejalan dengan dinamika penugasan pemerintah di bidang pangan dan tuntutan bisnis komersial serta komitmen Perum BULOG dalam mewujudkan visi dan misi Perusahaan sesuai prinsip-prinsip GCG. Penerapan prinsip-prinsip GCG telah diwujudkan oleh Perusahaan diantaranya dengan dibentuknya fungsi pembinaan GCG dibawah Sekretaris Perusahaan yang secara khusus menangani dan memantau kegiatan penerapan GCG di Perum BULOG. Perusahaan telah menerbitkan dokumen-dokumen pendukung dalam penerapan GCG seperti Pedoman GCG (Code of Corporate Governance) dan Pedoman Perilaku (Code of Conduct). Selain itu, Perusahaan juga telah menyusun Board Manual sebagai pedoman tata kerja, hubungan dan komunikasi Direksi dengan Dewan Pengawas.

Organ Perusahaan maupun organ pendukung Perusahaan harus memenuhi prinsip-prinsip GCG dalam setiap kegiatan yang berkaitan dengan pengurusan operasional maupun administrasi Perusahaan. Dalam pengurusan usaha, Direksi dibantu oleh Sekretariat Perusahaan dan Satuan Pengawas Intern sebagai organ pendukung Perusahaan. Sedangkan Dewan Pengawas Perum BULOG dibantu oleh Komite Audit dan Komite Tata Kelola Perusahaan sebagai organ pendukung Perusahaan yang berperan dalam membantu meningkatkan efektivitas pelaksaaan fungsi pengawasan dan pemberian nasihat kepada Direksi dalam menjalankan kegiatan pengurusan Perusahaan.

Dalam rangka meningkatkan kesadaran serta wawasan setiap Insan Perum BULOG tentang penerapan prinsip-prinsip GCG, Perusahaan senantiasa melakukan kegiatan sosialisasi pelaksanaan GCG di lingkungan internal Perusahaan. Kegiatan sosialisasi telah dilaksanakan secara berkesinambungan dengan melibatkan bantuan dan pendampingan dari tenaga ahli di bidang GCG; melakukan kunjungan ke Unit Kerja di daerah (Divisi Regional) untuk mensosialisasikan pelaksanaan GCG; workshop dan penyampaian materi GCG dan Pedoman Perilaku pada kegiatan pendidikan internal (diklat) Perum BULOG serta sosialisasi oleh manajemen yang rutin dilaksanakan pada berbagai kesempatan rapat-rapat internal.

 

GCG Manual

Dalam menjalankan kegiatan usahanya, perusahaan telah berkomitmen untuk konsisten menerapkan prinsip-prinsip GCG secara optimal mengingat arti pentingnya penerapan GCG tersebut sebagai perangkat untuk meningkatkan kinerja dan akuntabilitas kepada para pemangku kepentingan. Berikut GCG Manual di Perum BULOG :

  1. Panduan Tata Kelola Perusahaan (Code Of Corporate Governance)

    Pedoman Tata Kelola Perusahaan ini disusun sebagai acuan bagi seluruh Insan Perusahaan dalam melaksanakan praktek Good Corporate Governance (GCG) dalam menjalankan aktivitas bisnisnya di Perum BULOG.
    Penerapan prinsip-prinsip GCG (Transparency, Accountability, Responsibility, Independency dan Fairness) bertujuan anatara lain :
    • Mengoptimalkan nilai perusahaan agar memiliki daya saing yang kuat, baik secara nasional maupun internasional, sehingga mampu mempertahankan keberadaannya dan hidup berkelanjutan untuk mencapai maksud dan tujuan perusahaan
    • Mendorong pengelolaan perusahaan secara profesional, efisien, memberdayakan fungsi dan meningkatkan kemandirian pengelola Organ Perusahaan
    • Mendorong Organ Perusahaan membuat keputusan dan menjalankan tindakan dilandasi nilai moral tinggi dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan serta kesadaran akan adanya tanggung jawab sosial perusahaan kepada Pemangku Kepentingan maupun kelestarian lingkungan di sekitar Perusahaan
    • Meningkatkan kontribusi Perusahaan dalam perekonomian nasional
    • Meningkatkan iklim yang kondusif bagi perkembangan investasi nasional
    Pedoman Tata Kelola Perusahaan ini mengatur tentang struktur tata kelola perusahaan (organ utama dan organ pendukung perusahaan), proses tata kelola, serta pengelolaan hubungan dengan pemangku kepentingan.

    > Download Dokumen Pedoman Corporate Governance di Lingkungan Perum BULOG
  2. Pedoman Perilaku (Code Of Conduct)

    Panduan Perilaku merupakan naskah yang memuat hal-hal yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan insan perusahaan atas dasar etika. Panduan ini bertujuan memberikan pedoman bagi insan perusahaan dalam melaksanakan tugasnya sehingga insan perusahaan memahami tanggung jawab pribadi secara profesional dan membuat pilihan yang benar serta berkomitmen untuk bertindak secara beretika.
    Dengan diberlakukannya Panduan Perilaku ini di lingkungan perusahaan, diharapkan kegiatan usaha perusahaan dapat dilaksanakan secara harmonis sesuai dengan asas-asas Good Corporate Governance (GCG) dalam upaya untuk mencapai visi dan misi perusahaan yang telah ditetapkan.

    > Download Dokumen Panduan Perilaku (Code Of Conduct) Perum BULOG
  3. Board Manual Perum BULOG

    Board Manual merupakan petunjuk tata laksana kerja Dewan Pengawas dan Direksi Perum BULOG yang menjelaskan tahapan aktivitas secara terstruktur, sistematis, mudah dipahami dapat dijalankan dengan konsisten sehingga dapat menjadi acuan bagi Dewan Pengawas dan Direksi dalam melaksanakan tugas masing-masing dalam mencapai Visi dan Misi Perusahaan.
    Board Manual ini dimaksudkan untuk menjelaskan hubungan kerja Dewan Pengawas dan Direksi dalam melaksankan tugas sesuai peran dan fungsinya, agar tercipta pengelolaan Perusahaan secara profesional, transparan dan efisien.
    Ruang lingkup Board Manual Perum BULOG meliputi Pendahuluan, Dewan Pengawas, Direksi, Hubungan Kerja Dewan Pengawas dan Direksi, serta Penggunaan waktu, sarana dan fasilitas perusahaan.

    > Download Dokumen Board Manual Perum BULOG

 

Struktur Tata Kelola Perusahaan

Struktur Tata Kelola Perusahaan meliputi organ utama dan organ pendukung. Organ Utama di Perum BULOG meliputi Rapat Pembahasan Bersama (RPB), Dewan Pengawas dan Direksi. Sedangkan Organ Pendukung meliputi Komite di bawah Dewan Pengawas, Sekretaris Perusahaan, Satuan Pengawas Intern dan Auditor Eksternal. Fungsi utama organ pendukung adalah membantu organ utama Perusahaan, yaitu Direksi dan Dewan Pengawas untuk menjalankan pengurusan perusahaan sesuai prinsip-prinsip GCG.

  1. Rapat Pembahasan Bersama (RPB)

    Rapat Pembahasan Bersama (RPB) merupakan organ yang memegang kekuasaan tertinggi dalam perusahaan dan memegang segala wewenang yang tidak diserahkan kepada Direksi atau Dewan Pengawas. Rapat Pembahasan Bersama diselenggarakan oleh Kementerian BUMN selaku Wakil Pemerintah sebagai Pemilik Modal Perum BULOG dan dihadiri oleh Menteri Negara BUMN cq. Deputi Teknis Kementerian BUMN beserta jajarannya, Dewan Pengawas dan Direksi beserta jajarannya.
    RPB dalam perusahaan terdiri dari RPB Tahunan dan RPB Luar Biasa. Pelaksanaan RPB Tahunan diselenggarakan antara lain untuk menyetujui/mengesahkan Laporan Tahunan dan Perhitungan Tahunan, Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) serta Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP). Sedangkan Pelaksanaan RPB Luar Biasa dapat diadakan setiap saat jika dianggap perlu, untuk menetapkan atau memutuskan hal-hal yang tidak dilakukan pada RPB Tahunan.
  2. Dewan Pengawas

    Dewan Pengawas adalah organ perusahaan yang bertugas melakukan pengawasan dan memberikan nasihat kepada Direksi jika dipandang perlu dalam mengelola perusahaan serta memantau efektifitas praktek Good Corporate Governance (GCG) yang diterapkan oleh Perum BULOG.
    Berdasarkan Ketentuan Umum Peraturan Pemerintah No. 13 tahun 2016 tentang Perusahaan Umum (Perum) BULOG, Dewan Pengawas adalah organ perusahaan yang bertugas melakukan pengawasan dan memberikan nasihat kepada Direksi dalam menjalankan kegiatan Pengurusan Perusahaan. Dalam melaksanakan tugasnya, Dewan Pengawas bertanggung jawab :
    1. Melakukan pengawasan terhadap kebijakan pengurusan dan jalannya pengurusan pada umumnya mengenai Perusahaan dan usaha Perusahaan yang dilakukan oleh Direksi, termasuk pengawasan terhadap pelaksanaan RJPP, RKAP, Ketentuan Anggaran Dasar, Keputusan Menteri, dan/atau ketentuan peraturan perundang-undangan;
    2. Memberikan nasihat kepada Direksi untuk kepentingan Perusahaan sesuai dengan maksud dan tujuan Perusahaan.
    Untuk membantu kelancaran pelaksanaan tugasnya di lingkungan kerja Dewan Pengawas, maka Ketua Dewan Pengawas dapat mengangkat seorang Sekretaris Dewan Pengawas. Dalam rangka pelaksanaan tugasnya, Dewan Pengawas mengadakan rapat secara berkala sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam 1 (satu) bulan atau sewaktu-waktu apabila dipandang perlu.
    Dewan Pengawas dapat mengundang Direksi untuk membahas hal-hal penting dan mendesak yang memerlukan persetujuan Dewan Pengawas. Setiap pelaksanaan rapat Dewan Pengawas harus dibuat risalah rapat oleh Sekretaris Dewan Pengawas.
  3. Direksi

    Direksi merupakan organ perusahaan yang bertanggung jawab atas kepengurusan perusahaan untuk kepentingan dan tujuan perusahaan serta mewakili Perusahaan baik di dalam maupun di luar pengadilan. Direksi diangkat oleh Menteri berdasarkan pertimbangan keahlian, integritas, kepemimpinan, pengalaman, jujur, perilaku yang baik dan dedikasi tinggi untuk memajukan Perusahaan. Pengangkatan Direksi ditetapkan melalui seleksi uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan oleh tim dan/atau lembaga profesional yang dibentuk dan/atau ditunjuk oleh Menteri. Masa jabatan anggota Direksi ditetapkan 5 (lima) tahun dan dapat diangkat kembali untuk 1 (satu) kali masa jabatan. Sesuai anggaran Dasar Perum BULOG, tugas dan tanggung jawab Direksi adalah sebagai berikut :
    • Memimpin, mengurus dan mengelola Perusahaan sesuai dengan tujuan Perusahaan dengan senantiasa berusaha meningkatkan daya guna dan hasil guna Perusahaan;
    • Menguasai, memelihara dan mengurus kekayaan Perusahaan;
    • Mewakili Perusahaan di dalam dan di luar Pengadilan;
    • Menyiapkan Rencana Jangka Panjang serta Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan;
    • Mengadakan dan memelihara pembukuan dan administrasi Perusahaan sesuai dengan kelaziman yang berlaku bagi suatu Perusahaan;
    • Menyiapkan struktur organisasi dan tata kerja Perusahaan lengkap dengan perincian tugasnya;
    • Melakukan kerjasama usaha, membentuk anak Perusahaan dan melakukan penyertaan modal dalam badan usaha lain dengan persetujuan Menteri;
    • Menyiapkan laporan tahunan dan laporan berkala.
    Sesuai Peraturan Menteri Negara BUMN Nomor : Per-01/MBU/2011 pasal 19, tugas dan tanggung jawab Direksi diperluas untuk hal-hal sebagai berikut :
    • Direksi harus melaksanakan tugasnya dengan itikad baik untuk kepentingan Perusahaan dan sesuai dengan maksud dan tujuan Perusahaan, serta memastikan agar BUMN melaksanakan tanggung jawab sosialnya serta memperhatikan kepentingan dari berbagai Pemangku Kepentingan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
    • Salah seorang anggota Direksi ditunjuk oleh Rapat Direksi sebagai penanggung jawab dalam penerapan dan pemantauan GCG di BUMN yang bersangkutan.
    • Direksi harus menyampaikan informasi mengenai identitas, pekerjaan-pekerjaan utamanya, jabatan Dewan Komisaris di anak perusahaan/perusahaan patungan dan/atau perusahaan lain, termasuk rapat-rapat yang dilakukan dalam satu tahun buku (rapat internal maupun rapat gabungan dengan Dewan Pengawas), serta gaji, fasilitas, dan/atau tunjangan lain yang diterima dari BUMN yang bersangkutan dan anak perusahaan/perusahaan patungan BUMN yang bersangkutan, untuk dimuat dalam Laporan Tahunan Perusahaan.
    • Direksi wajib melaporkan kepada Perusahaan mengenai kepemilikan sahamnya dan/atau keluarganya (istri/suami dan anak-anaknya) pada Perusahaan yang bersangkutan dan perusahaan lain, termasuk setiap perubahannya.
    Dalam mendukung kelancaran pelaksanaan tugasnya, Direksi mengadakan Rapat Direksi paling sedikit 1 (satu) kali dalam sebulan. Selain rapat Direksi, Direksi juga menghadiri Rapat Gabungan antara Dewan Pengawas dan Direksi yang diselenggarakan 1 (satu) kali dalam sebulan, biasanya dilaksanakan pada hari Selasa pada minggu ketiga atau keempat tiap bulan. Setiap pelaksanaan rapat Direksi harus dibuatkan risalah rapat oleh Sekretaris Perusahaan, sedangkan risalah rapat gabungan Dewas Direksi dibuat oleh Sekretaris Perusahaan bersama Sekretaris Dewan Pengawas.
  4. Komite di bawah Dewan Pengawas

    Berdasarkan Surat Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor S-375/MBU.Wk/2011 tentang Kebijakan Menteri Negara BUMN Dalam Pengurusan dan Pengawasan BUMN, dan Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-12/MBU/2012 tentang Organ Pendukung Dewan Komisaris/Dewan Pengawas Badan Usaha Milik Negara, bahwa Dewan Pengawas wajib membentuk Komite Audit dan 1 (satu) Komite lainnya yang bekerja secara kolektif dan berfungsi membantu Dewan Pengawas dalam melaksanakan tugasnya.
    Sesuai dengan peraturan tersebut, maka Dewan Pengawas Perum BULOG sepakat membentuk 2 (dua) Komite yaitu Komite Audit dan Komite Tata Kelola Perusahaan yang tercantum dalam dengan Keputusan Dewan Pengawas tentang Organisasi dan Tata Kerja Dewan Pengawas Perum BULOG.
    Komite Audit berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 13 tahun 2016 tanggal 13 Mei 2016, bertugas membantu Dewan Pengawas dalam :
    1. Memastikan efektifitas sistem dan pengendalian intern serta efektifitas pelaksanaan tugas eksternal auditor dan internal auditor;
    2. Menilai pelaksanaan kegiatan serta hasil audit yang dilakukan oleh SPI maupun Auditor Eksternal;
    3. Memberikan rekomendasi mengenai penyempurnaan sistem dan pengendalian manajemen serta pelaksanaannya;
    4. Memastikan telah terdapat prosedur review yang memuaskan terhadap segala informasi yang dikeluarkan perusahaan ;
    5. Melakukan identifikasi terhadap hal-hal yang memerlukan perhatian Dewas serta tugas-tugas Dewas lainnya;
    6. melakukan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan dan/atau yang ditetapkan oleh Dewan Pengawas.
    Komite Tata Kelola Perusahaan mempunyai tugas membantu Dewas dalam:
    1. Memantau penerapan tata kelola perusahaan yang baik (TKP) pada Perum BULOG baik pusat maupun daerah;
    2. Melakukan evaluasi terhadap penerapan TKP dalam rangka meningkatkan prinsip keterbukaan, akuntabilitas, dapat dipercaya, bertanggung jawab, dan adil agar perusahaan memiliki daya saing yang kuat, baik secara nasional maupun internasional;
    3. Melakukan kajian terhadap penerapan TKP dalam rangka peningkatan pelaksanaan TKP di masa yang akan datang;
    4. Memantau kegiatan pengelolaan manajemen risiko di bidang operasi dan pengembangan usaha dalam rangka mengurangi kerugian atau yang dapat mengganggu kelangsungan perusahaan;
    5. Melakukan penilaian secara berkala dan merekomendasikan risiko usaha dari kegiatan operasi dan pengembangan usaha;
    6. Melakukan evaluasi terhadap risiko usaha baik pada kegiatan operasi dan pengembangan usaha yang merupakan kajian terhadap tahapan pengendalian risiko untuk masukan dalam pengendalian risiko berikutnya dan atau kebijakan selanjutnya;
    7. Melakukan penilaian secara berkala dan merekomendasikan tentang Pengembangan terhadap kebijakan dan strategi di bidang industri, perdagangan, jasa dan lain-lainyang berkaitan dengan kegiatan perusahaan;
    8. Melakukan evaluasi terhadap Pengembangan kebijakan dan strategi di bidang industri, perdagangan, jasa dan lainnya yang diberkaitan dengan kegiatan perusahaan;
    9. Melaporkan secara berkala hasil pelaksanaan tugas kepada Ketua Dewan Pengawas.
  5. Satuan Pengawas Intern (SPI)

    Fungsi Audit Internal di Perum BULOG dijalankan oleh Satuan Pengawas Intern (SPI). Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 2003 tentang Pendirian BULOG, Satuan Pengawas Intern bertanggung jawab kepada Direktur Utama dan bertugas membantu Direktur Utama dalam melaksanakan pemeriksaan intern keuangan dan pemeriksaan operasional perusahaan serta menilai pengendalian, pengelolaan dan pelaksanaannya pada perusahaan serta memberikan saran-saran perbaikan.

    Dalam pelaksanaan kegiatannya, SPI dipimpin oleh seorang Kepala SPI yang bertanggung jawab langsung kepada Direktur Utama dan membawahi 10 (sepuluh) kantor wilayah SPI regional yang tersebar di beberapa wilayah operasional Perum BULOG. Selain itu, Kepala SPI juga membawahi 4 (empat) Kepala Bidang dan Auditor di Kantor Pusat.

    Selain melakukan audit kegiatan manajemen perusahaan, SPI juga harus memberikan laporan hasil pemeriksaan atau hasil pelaksanaan tugas SPI kepada Direktur Utama, serta memonitor tindak lanjut atas hasil pemeriksaan yang telah dilaporkan.

    Kedudukan tugas dan tanggung jawab SPI dituangkan dalam Internal Audit Charter. Internal Audit Charter dimaksudkan sebagai acuan kerja bagi para auditor internal SPI Perum Bulog sehingga dapat melaksanakan tugasnya secara profesional serta sesuai dengan prinsip-prinsip GCG. Sesuai ketentuan Internal Audit Charter dan Pedoman Pemeriksaan, pelaksanaan tugas pengawasan SPI didasarkan atas Program Kerja Pemeriksaan Tahunan (PKPT) yang kemudian atas hasilnya pengawasannya dituangkan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP). Program Kerja Pemeriksaan Tahunan (PKPT) dilaksanakan setiap tahun oleh personil SPI di Kantor Pusat maupun personil SPI di Kantor Wilayah Divisi Regional.

  6. Sekretaris Perusahaan

    Perusahaan mengangkat Sekretaris Perusahaan (Sesper) yang bertindak sebagai pejabat penghubung (“liaison officer”) antara Pemilik Modal, Dewan Pengawas, Direksi, unit kerja perusahaan dan pemangku kepentingan lainnya. Sekretaris Perusahaan bertanggung jawab memberikan dan menyiapkan informasi untuk Direksi dan Dewan Pengawas secara berkala apabila diminta. Sesuai Peraturan Menteri Negara BUMN Nomor Per-01/MBU/2011 tanggal 1 Agustus 2011 tentang Penerapan Tata Kelola yang Baik (Good Corporate Governance) pada Badan Usaha Milik Negara, sesper memiliki fungsi :
    • Memastikan Perusahaan mematuhi peraturan tentang persyaratan keterbukaan sejalan dengan penerapan prinsip - prinsip GCG;
    • Memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Direksi dan Dewan Pengawas secara berkala dan/atau sewaktu-waktu apabila diminta;
    • Sebagai penghubung (liaision officer) ; dan
    • Menatausahakan serta menyimpan dokumen perusahaan, termasuk tetapi tidak terbatas pada daftar Pemegamg Saham, Daftar Khusus dan risalah rapat Direksi, rapan Dewan Komisaris atau Dewan Pengawas dan RUPS.
  7. Auditor Eksternal

    Auditor Eksternal sebagai pihak yang independen dan profesional memberikan pernyataan pendapat mengenai kewajaran laporan keuangan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum. Auditor eksternal ditetapkan dalam RPB dari calon-calon yang diajukan oleh Dewan Pengawas. Auditor Eksternal harus bebas dari pengaruh Dewan Pengawas, Direksi dan pemangku kepentingan di perusahaan serta tidak diperbolehkan memberikan jasa lain di luar audit selama periode pemeriksaan. Pemeriksaan oleh Auditor Ekstern dilakukan sesuai dengan standar pemeriksaan yang berlaku umum dan sesuai dengan kode etik profesi.

 

Assesment GCG

Untuk mengukur penerapan Good Corporate Governance (GCG) dan dalam rangka memenuhi kewajiban perusahaan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Negara BUMN No. PER-01/MBU/2011 tanggal 1 Agustus 2011 tentang Penerapan Tata Kelola Yang Baik (Good Corporate Governance) pada Badan Usaha Milik Negara, perusahaan wajib melaksanakan penilaian (assessment) penerapan GCG yang dilaksanakan secara berkala dua tahunan oleh Assessor Independen. Tujuan assessment adalah untuk memperoleh gambaran mengenai kondisi penerapan GCG yang dikaitkan dengan best practice penerapan GCG serta mengidentifikasi area - area pengurusan Perusahaan yang masih memerlukan upaya perbaikan/penyempurnaan (Area of Improvement).

Metodologi assessment menggunakan parameter yang tertuang dalam Keputusan Sekretaris Kementerian BUMN Nomor : SK-16/S.MBU/2012 tanggal 6 Juni 2012 tentang Indikator/Parameter Penilaian dan Evaluasi atas Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) pada BUMN. Penilaian penerapan GCG Perum BULOG (GCG Scorecard) meliputi 6 (enam) aspek pengujian pada 43 indikator dan terdiri dari 153 parameter dan 568 faktor uji. Aspek penilaian penerapan GCG Perum BULOG adalah sebagai berikut:

  1. Komitmen terhadap Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik secara berkelanjutan.
  2. Pemilik Modal dan Rapat Pembahasan Bersama (RPB)
  3. Dewan Pengawas
  4. Direksi
  5. Pengungkapan Informasi dan Transparasi
  6. Aspek lainnya.

Tujuan pelaksanaan Assessment Penerapan GCG Perum BULOG adalah sebagai berikut :

  1. Menguji dan menilai penerapan GCG di Perusahaan melalui elaborasi kondisi penerapan GCG dan dengan kondisi nyata yang diterapkan di Perum BULOG, melalui pemberian skor/nilai atas penerapan GCG dan kategori kualitas penerapan GCG;
  2. Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan penerapan GCG di Perum BULOG, serta mengusulkan rekomendasi perbaikan untuk mengurangi celah (gap) antara kriteria GCG dengan penerapan GCG;
  3. Memberikan rekomendasi penyempurnaan terhadap kesenjangan yang ditemukan dalam implementasi GCG di Perum BULOG sejalan dengan best practices;
  4. Memonitor konsistensi penerapan GCG di Perum BULOG dan memperoleh masukan untuk penyempurnaan dan pengembangan kebijakan GCG di lingkungan Perum BULOG.

Ruang lingkup pelaksanaan assessment penerapan GCG Perum BULOG meliputi berbagai tahap pelaksanaan, yaitu :

  1. Analisa Penilaian penerapan GCG terhadap dokumen- dokumen Perum BULOG dengan menggunakan metode Desk Study yaitu cara pengumpulan data dan informasi melalui pemeriksaan dan analisis data dan informasi yang menggunakan data sekunder, baik berupa dokumen-dokumen internal/eksternal Perusahaan, peraturan perundang-undangan yang terkait, serta laporan dan data statistik terkait lainnya;
  2. Wawancara dan Penyebaran Kuisioner kepada Organ dan Organ Pendukung Perusahaan (Direksi, Dewan Pengawas, Sekretaris Perusahaan, SPI, dan Pejabat terkait lainnya);
  3. Konsultasi dan reviu berkala hasil kerja Tim Ahli sebagai Assessor Independen penerapan GCG Perum BULOG;
  4. Pembahasan bersama hasil skoring sementara oleh Assessor Independen dengan tim Counterpart dari Perum BULOG;
  5. Pemaparan hasil penilaian Assessment oleh Assessor Independen;
  6. Penyusunan Laporan Hasil Assessment oleh Assessor Independen, meliputi :
    1. Disclaimer,
    2. Ringkasan Eksekutif,
    3. Kertas Kerja,
    4. Hasil Penilaian Assessment,
    5. Scoring,
    6. Daftar usulan Rekomendasi/Kerangka Kerja Implementasi.

Pelaksanaan Assessment penerapan GCG menjadi salah satu Key Performance Indikator (KPI) dalam Kontrak Manajemen Perusahaan, yaitu pada bagian perspektif kepemimpinan dalam bentuk pencapaian skor assessment GCG dengan target skor yang meningkat dari tahun ke tahun. Tingkat pencapaian skor penerapan GCG Perum BULOG menunjukkan peningkatan yang berarti dari tahun ke tahun, seperti terlihat pada tabel di bawah ini : SCOR GCG