SAUNG AMBU, Rumah Makan Khas Sunda dengan Pesona Alam Desa

Nasi liwet merupakan makanan khas tradisional dan merupakan salah satu kekayaan kuliner bangsa Indonesia. Bagi orang Sunda, menu nasi liwet biasanya disajikan untuk acara makan bersama dengan keluarga atau teman, dan rekan kerja.

Bagi kebanyakan orang Sunda, makan nasi liwet tidak hanya soal rasa makanan saja, namun suasana tempat pun menjadi kenikmatan tersendiri. Menyantap nasi liwet memang terasa beda jika berada di tempat dengan suasana yang tenang, asri dengan udara yang sejuk. Itu karenanya, seringkali kita temui beberapa rumah makan nasi liwet di pusat kota, atau ditepi jalan raya , dengan memaksakan dekorasi ruangan menggambarkan suasana perkampungan.

Saung Ambu, adalah salah satu rumah makan yang berani beda dengan lainnya, pasalnya rumah makan ini berada di daerah yang terpencil, jauh dari keramaian jalan raya, dan jauh dari pemukiman warga. Sebagian orang tidak akan menyangka ditempat terpencil dan di area pesawahan ini terdapat rumah makan yang selalu ramai oleh pengunjung.

Rumah Makan Saung Ambu, memiliki tempat makan berupa saung bambu atau gazebo di atas kolam ikan. Lokasinya berada di pematang sawah, di tempat ini semilir angin cukup terasa segar. Tempat ini memang cocok bagi anda yang ingin memanjakan lidah dengan makanan khas tradisional dan juga membutuhkan ketenangan dengan suasana desa dengan alam yang hijau, dan jauh dari kebisingan kendaraan.

Disini pun, dengan menyantap nasi liwet, lidah anda akan dimanjakan dengan berbagai menu makanan khas tradisional Sunda, seperti ayam dan ikan bakar, tumis kangkung, karedok, tahu dan tempe, ikan asin, pencok kacang, sambal dan berbagai makanan khas lainnya.

Namun, sepertinya anda harus sedikit bersabar untuk bisa menikmati semua sajian makanan, karena semua makanan disini dimasak dadakan. Memang sepertinya, dengan suasana pedesaannya rumah makan ini menganjurkan pengunjungnya untuk menikmati susasana alam, merefresh kepenatan, tidak hanya soal mengisi perut, namun menganjurkan kita untuk bersantai sejenak.

Saung Ambu ini berlokasi di Desa Cikadu, Kelurahan Dangdeur Kecamatan Subang. Untuk dapat singgah ke Saung Ambu, ada dua jalan alternatif yang bisa dilalui. Pertama melalui jalan Tegal. Dari perempatan lampu merah, terdapat papan plang yang menunjukkan arah lokasi saung Ambu, kita tinggal mengikuti saja petunjuk jalan yang telah terpasang di setiap pertigaan dan perempatan. Jalan yang kedua yaitu melalui jalan Desa Cidahu. Ketika berada di terminal angkot Cidahu, kita sudah dapat melihat petunjuk jalan menuju saung Ambu. Kedua jalan tersebut, ternyata memiliki ruas jalan yang cukup kecil, sehingga anda harus lebih berhati-hati dalam berkendaraan. (Sya)

 


Kategori Artikel