DAHANA Hadir di Rock Breakage Yogyakarta

PT DAHANA (Persero) mengirim dua orang utusannya untuk menjadi pembicara pada acara Rock Breackage & Fragmentation Workshop 2018 yang diselenggarakan oleh Balinga Utama: Workshop and Training Organizer, di Prime Plaza Hotel Jogjakarta, 9 – 10 Oktober 2018.


Acara workshop ini diadakan dalam rangka melatih para dosen, mahasiswa, serta profesional untuk memahami lebih dalam proses-proses yang dilakukan pada rockbreakage dan fragmentasi pertambangan.


Salah satu pembicara dari DAHANA, Dadan Munawar Senior Manager DTU 2 menerangkan pada peserta tentang Blasting at Limited Distance with E*STAR Electronic Detonators Initiation System yang sudah DAHANA aplikasikan pada site-site project yang dikerjakan DAHANA.


Proses blasting dengan area kritis seringkali menghadapi dilema pada kepentingan tiga elemen, komunitas sosial, vibrasi, dan fragmentasi. Dadan menjelaskan proses yang dilakukan DAHANA sebelum melakukan proses blasting, agar tidak ada yang dirugikan oleh ketiga elemen tersebut.


“Sebelum melakukan proses blasting, kami melakukan identifikasi area kritis, melakukan sosialisasi dan musyawarah dengan warga yang lokasinya berdekatan dengan tambang. Kami melakukan pendidikan keselamatan blasting pada warga, serta melakukan monitoring dampak blasting secara reguler.” Ujar Dadan


Selain itu, Dadan juga menjelaskan keuntungan memakai E*STAR   yang dapat menghasilkan kualitas fragmentasi yang  baik serta mengurangi cost blasting. Dadan pun turut bercerita keberhasilan aplikasi E*STAR yang dikerjakan DAHANA di PIT CT2 Site Adaro.


Kategori Berita