DAHANA Ikut Serta Sukseskan Kegiatan SOMP

Gelar Pameran di ITB
DAHANA Ikut Serta Sukseskan Kegiatan SOMP

Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 25-27 menggelar sebuah perhelatan besar untuk komunitas akademik dari berbagai kampus dengan jurusan pertambangan di dunia yakni Society Of Mining Profesors (SOMP).

SOMP merupakan sebuah komunitas yang berkomitmen untuk memberikan kontribusi pada pertambangan pada masa depan. Tujuan dari perhimpunan ini adalah untuk menjamin pengetahuan ilmiah, teknis, akademis, dan professional yang dibutuhkan untuk memastikan ketersediaan mineral yang berkelanjutan, bagi umat manusia.

Kegiatan yang digelar selama empat hari ini merupakan sebuah acara Internasional Symposium and The 8th Society of Mining Profesors Regional Meeting 2018, yang diselenggarakan di Conference Hall, CRCS Building, ITB, Bandung.
Acara Internasional Symposium digelar pada hari pertama, dengan mengangkat tema Mining In Asia : Curent Status and Prospect, dengan berbagai pembahasan sub tema lainnya seperti, Mining Geology & Exploration Technology, Mining Tecnology, Mineral Processing Tecnology, Environmental Issue of Mining, Mineral Economics & Policy, dan Novel Mining Technology.

Sementara SOMP Regional Meeting dilaksanakan pada hari berikutnya selama 2 hari, tema yang diangkat pada acara ini adalah Mining Development in Asia: Challenges anda Opportunities for Asian Mining Education.  Kegiatan ini pun diakhiri dengan acara kunjungan karyawisata ke Pongkor, Bogor.

Tidak ingin kehilangan momentum event berkumpulnya akademik dan prakstisi pertambangan, PT DAHANA (Persero) perusahaan BUMN penghasil bahan peledak dan jasa pertambangan ikut andil dalam acara ini, selain mendirikan booth pameran dengan memajang produk-produk inovatifnya, DAHANA pun turut serta menyukseskan acara, menjadi Sponsor Utama.

Hal ini pun diterangkan oleh Della Devia, Humas DAHANA yang turut serta hadir dalam acara ini, “Ini kegiatan yang sangat bagus, dimana semua profesor tambang nasional dan internasional hadir, moment bagus untuk terus memperkenalkan DAHANA, dan memperkenalkan produk-produk inovatif milik DAHANA,” terang Della kepada Dfile.

Jika dirunut dalam hal semangat pada kegiatan ini adalah semangat berbagi ilmu, dimana para professional dan akademisi berdiskusi tentanga kemajuan pertambangan, baik dari sisi teknis, lingkungan, ekonomi, serta pembangunan berkelanjutan.

Semangat yang sama pun dimiliki oleh PT DAHANA (Persero). Sebagai perusahaan plat merah DAHANA tidak hanya focus mengejar profit, namun terus berusaha ikut serta memberikan kontribusi ilmu pengetahuan kepada dunia pertambangan dengan penelitiaan dan pengembangannya. Komitmen ini pun bisa terasa dengan dibangunya sebuah kawasan terintegrasi Energetic Material Center (EMC), di Kabupaten Subang.

Semangat mengembangkan pengetahuan ini juga dibuktikan dengan penyebutan kantor pusat dengan akronim “Kampus”, dimana di kawasan perkantoran dibangun sebuah gedung khusus Pendidikan dan Latihan (Diklat).
Begitupun dengan hadir sebuah organisasi yang dibentuk langsung oleh DAHANA yaitu National Institute of Energetic Material (NIEM) merupakan organisasi yang diperuntukkan bagi yang tertarik di bidang bahan berenergi tinggi.
Kalangan praktisi maupun akademisi.  NIEM lahir sebagai bagian dari upaya bangsa untuk mandiri di bidang teknologi bahan berenergi tinggi.

Sejatinya, NIEM akan menjadi pengejawantahan visi DAHANA untuk menjadi Industri nasional terunggul di bidang bahan berenergi tinggi dengan menghasilkan barang dan jasa yang berdaya saing tinggi dan ramah lingkungan. (SYA)


Kategori Berita