Diangkat sebagai Kepala SPI, Ini Rencana Holly Alifiah

Satuan Pengawasan Internal (SPI) merupakan unit perusahaan yang diamanahkan langsung oleh Undang-undang BUMN.  Awal Desember 2018, PT DAHANA (Persero) mengangkat Holly Afifah sebagai Kepala SPI menggantikan Kepala SPI lama Ir. Nazril yang memasuki Masa Persiapan Pensiun (MPP).

Kepada Dfile, perempuan yang pernah menjabat sebagai SM Pelayanan Korporasi itu mengatakan, posisi sebagai Kepala SPI merupakan posisi yang sangat strategis, karena berada langsung dibawah Direktur Utama, mempunyai hubungan erat dengan komite audit, serta pengangkatan jabatannya harus dengan persetujuan komisaris.

"Karena punya fungsi hubungan langsung dengan Dirut, maka harus mampu memberikan nilai tambah bagi perusahaan dengan berperan sebagai katalisator, konsultan, dan fasilitator," ujar Holly Alifiah.

Holly juga menambahkan, dalam jangka waktu dekat, dia akan menyelesaikan temuan BPK minimal 40%, serta menyelesaikan program SPI sesuai dengan Program Kerja Pemeriksaan Tahunan (PKPT) atau non PKPT.

Menjadi Kepala SPI dengan posisi yang sangat strategis memiliki tantangannya sendiri. Gambaran tentang SPI selama ini dikenal horor, seperti polisi internal, kaku, dan lain sebagainya.  Seperti ini tips Holly mengubah paradigma lama tentang SPI.  

“Pertama, membangun komunikasi yang baik dengan direksi (terutama Dirut), Komite Audit, Auditor Eksternal maupun dengan terkait lainnya,” terangnya.

Kemudian,  melakukan perbaikan pola kerja/perilaku personil SPI dan membangun perubahan kepada persepsi yang positif bahwa tujuan SPI adalah melakukan perbaikan bukan memperbanyak temuan.  Dan yang ketiga, meningkatkan kompetensi personil SPI, dengan pembelajaran berkelanjutan atas peraturan yang ada (internal/eksternal).

Menurut Holly, SPI memiliki motto, "SPI..... KAMI ADA".  Slogan ini diharapkan mampu memberi spirit dan energi baru bagi SPI. "Karena dengan makna itu kami berharap SPI dapat memberikan added value kepada perusahaan dengan paradigma dan brand SPI yang baru, optimis dengan wujud output atau karya," tutup Holly. (yz)


Kategori Berita