Lakukan KKL, Mahasiwa Bangka Belitung Berkunjung ke DAHANA

Kampus DAHANA selalu menjadi pusat perhatian dunia akademik. Tidak sedikit dunia pendidikan perguruan tinggi mengagendakan kunjungan mahasiswanya ke PT DAHANA (Persero),  khususnya yang berkaitan erat dengan dunia pertambangan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Universitas Bangka Belitung (UBB). Puluhan mahasiswanya melakukan kunjungan ke Kampus DAHANA di Subang, (18/7). Mahasiswa yang berjumlah 51 orang ini merupakan mahasiswa Teknik Pertambangan.

“Mahasiswa yang hadir di DAHANA saat ini merupakan mahasiswa yang bakal memasuki semester 5, yang saat ini sedang melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL),” terang Irvani, Dosen Pendamping

Beberapa agenda KKL-nya, imbuh Irvani selalu diagendakan di Pulau Jawa. Diantaranya ke PT DAHANA (Persero). KKL ke DAHANA kali merupakan agenda ke dua kalinya yang dilaksanakan UBB, “KKL tahun kemarin, kita kesini (DAHANA) juga,” ungkapnya.

Setiawan, Mahasiwa yang juga Ketua Panitia Pelaksana KKL mengungkapkan agenda kunjungan ke DAHANA tidak lepas dari rasa penasarannya setelah mendengar cerita dari seniornya yang sudah lebih dulu berkunjung ke kawasan Energetic Material Center (EMC).

“Kami mengetahui DAHANA dari kakak kelas. Pada akhirnya kali ini diagendakan lagi ke sini, melihat langsung pabrik bahan peledak,” terang Setiawan.

Dunia Pertambangan selalu lekat dengan peledakan, hal ini pun diajarkan di dunia pendidikan teknik pertambangan. Mengenal bagaimana teknik peledakan serta mengetahui jenis-jenis bahan peledak.

Pada kesempatan ini, para mahasiswa mendapat pemaparan kembali tentang bahan peledak dan teknik peledakan ala DAHANA, yang disampaikan langsung oleh Rina Erita, Senior Manajer K3LH & Teknologi. Nampak mereka sangat antusias, pada sesi pertanyaan, tidak sedikit yang mengajukan pertanyaan, penasaran.

Mahasiswa yang berseragam warna hijau ini, mendapat kesempatan memasuki area Ring 1, kawasan khusus terbatas, meninjau langsung perakitan asesoris bahan peledak yang biasa digunakan di tambang, yaitu pabrik Detonator Non-Elektrik. (SYA)


Kategori Berita